Strategi mengintegrasikan seluruh kepentingan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Liga Muslim Dunia (MWL) Syekh Muhammad bin Abdul Karim Al-Issa menyampaikan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah melakukan pekerjaan besar pada acara Konferensi Internasional tentang Agama, Perdamaian, dan Peradaban.
 
"Kami mengapresiasi pekerjaan besar MUI dan seluruh yayasan agama yang ikut dalam memprakarsai acara ini," katanya dalam acara tersebut melalui video yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.
 
Al-Issa mengatakan acara ini dapat mencerahkan pandangan, pemikiran, dan akhlak umat terkait dengan agama, perdamaian, dan peradaban.
 
Ia juga mengatakan acara ini penting untuk dilaksanakan mengingat banyaknya kasus anti terhadap agama tertentu (fobia agama) yang menurutnya hal tersebut tidak dapat ditoleransi.

Baca juga: Liga Muslim Dunia apresiasi RI bangun museum sejarah nabi

Baca juga: R20 yakin nilai dan ajaran agama jadi inspirasi atasi masalah dunia

 
Menurut dia agama tidak akan lepas dari peradaban dan kehidupan manusia dalam bermasyarakat. Ia juga mengutip kalimat filsuf modern asal Prancis, Henri Bergson.
 
"Banyak orang berkumpul tanpa ilmu, seni, dan filsafat, tapi tidak ada sama sekali orang yang berkumpul tanpa agama," ujar mantan Menteri Kehakiman Arab Saudi itu.
 
Ia menegaskan perbedaan agama bukanlah pembenaran adanya perselisihan, namun justru menegakkan berdirinya peradaban manusia yang terhormat.
 
Adanya perbedaan, sambungnya, berguna untuk saling memahamkan, menjaga keberagaman, serta berkompetisi secara sehat antarumat beragama agar saling bahu membahu untuk kepentingan bersama.
 
"Dialog seperti ini bukanlah pilihan, namun ini adalah strategi untuk mengintegrasikan seluruh kepentingan masyarakat," ungkapnya.
 
Ia menyatakan seluruh pemimpin agama di dunia harus bekerja sama untuk menghindari perselisihan dan membangun kehidupan yang harmonis antarumat beragama.
 
Pada akhir sambutannya, Al-Issa mendoakan agar acara ini dipermudah, dilancarkan, serta siapapun yang berkaitan dengan acara ini agar diterima amal ibadahnya di sisi Allah Subhanahu wa Taala (SWT)

Baca juga: Liga Muslim Dunia tegaskan kerja sama permanen dengan R20 dan PBNU

Baca juga: Sekjen Liga Muslim Dunia ajak tokoh beragama dunia kunjungi Bali


 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023