Subang (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, menyebutkan program resi gudang bisa menjadi solusi untuk petani menjual produknya dengan harga bagus, karena selama ini menjual  dengan harga murah saat panen.

"Kenapa petani menjual produknya dengan harga murah ? Karena tidak punya tempat untuk menyimpan (produknya)," kata Wamendag saat menghadiri kegiatan pembukaan bulan literasi sistem resi gudang dan pusat lelang komoditas, di Kabupaten Subang, Jabar, Senin.

Atas persoalan tersebut, Kementerian Perdagangan memberikan solusi dengan keberadaan gudang yang pengelolaannya dilakukan oleh pihak swasta, menggunakan sistem resi gudang.

Dengan begitu, petani bisa membawa produknya ke gudang, disimpan selama tiga sampai enam bulan, sambil menunggu harga tinggi untuk dijual.

Baca juga: Wamendag minta pemerintah daerah dukung program resi gudang

Menurut dia, ketika produknya disimpan di gudang, petani akan mendapatkan resi. Selanjutnya resi itu bisa dibawa ke bank, dan petani mendapatkan uang sebagai tambahan modal dari resi yang disimpan itu.

"Jadi menyimpan barang (produk) ke gudang mendapatkan resi. Dan resi-nya bisa disimpan di bank, mendapatkan uang. Jaminannya barang (produk yang disimpan di gudang). Jadi sesederhana itu solusi dari Kemendag," katanya.

Resi gudang merupakan instrumen yang memberdayakan petani, di mana komoditi yang dihasilkan mampu memberikan nilai ekonomis dalam bentuk nilai penjaminan, yang dapat dipergunakan untuk memperoleh kredit dari bank dan lembaga keuangan non bank, dengan tingkat bunga yang rendah.

Sesuai dengan Permendag Nomor 14 tahun 2021, barang yang dapat disimpan dalam gudang sistem resi gudang ialah Gabah, Beras, Jagung, Kopi, Kakao, Karet, Lada, Rumput Laut, Rotan, Garam, Gambir, Kopra, Teh, Timah, Bawang Merah, Ikan, Pala, Ayam Karkas Beku, Gula Kristal Putih dan Kedelai.

Baca juga: Kemendag: Sistem Resi Gudang berdayakan petani capai kesejahteraan

Pada kesempatan pembukaan bulan literasi sistem resi gudang dan pusat lelang komoditas, di Subang, Wamendag meminta pemerintah daerah ikut mendukung program resi gudang yang telah digulirkan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

"Program ini (sistem resi gudang) solusi Kemendag untuk meningkatkan perekonomian petani dan pelaku komoditas. Jadi harus dibantu agar maksimal. Tolong dibantu (realisasinya) di daerah," katanya. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023