Target kami tahun ini, bagaimana penerbangan dari Batam ini bisa terhubung ke seluruh Provinsi di Indonesia
Batam (ANTARA) - PT Bandara Internasional Batam (BIB) menargetkan rute penerbangan dari Bandara Hang Nadim Batam bisa menjangkau seluruh provinsi di Indonesia pada tahun 2023.

“Target kami tahun ini, bagaimana penerbangan dari Batam ini bisa terhubung ke seluruh Provinsi di Indonesia,” ujar Direktur Utama PT BIB Pikri Ilham Kurniansyah di Batam Kepulauan Riau, Senin (22/5).

Dia mengatakan, pihaknya akan terus berusaha agar pelayanan penerbangan dalam negeri terhubung di setiap provinsi di Indonesia. Hal ini bertujuan agar ekonomi Batam bisa tumbuh lebih cepat.

Baca juga: Bandara Batam terima kedatangan penerbangan perdana dari Korsel

Dia menyebutkan, setidaknya sampai saat ini sudah ada 20 rute penerbangan ke beberapa daerah yang dijangkau Bandara Hang Nadim Batam.

Sebagian besar yang sudah dijangkau kata dia, adalah wilayah Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian tengah. Sedangkan untuk Indonesia bagian timur, ditargetkan pada tahun ini bisa tercapai.

"Total ada 20 rute, dan yang terakhir dibuka itu ke Bandung, Makassar, Yogyakarta, Semarang, Lombok dan kota-kota lain sudah ditambah frekuensinya semua. Kami juga sudah buka untuk rute ke Balik Papan, Manado, dan ke Bali nanti melalui Surabaya. Minusnya paling Indonesia timur saja, mudah-mudahan bisa tercapai tahun ini,” katanya.

Selain penerbangan dalam negeri, pihaknya juga menargetkan membuka rute penerbangan ke luar negeri. Salah satunya yang sudah melakukan perjanjian kerja sama dan sudah tiba di Batam dua hari lalu adalah maskapai dari negara Korea Selatan.

"Bulan depan akan ada pembicaraan antara Indonesia dan Korea untuk menambah rute, sehingga kedepannya kita bisa menjadi penerbang reguler,” kata dia.

Baca juga: DPR RI nilai Embarkasi Batam telah siap dukung pelaksanaan Haji 2023

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023