...penerbangan langsung dari dan menuju Doha ini akan dapat mendukung upaya untuk mendatangkan wisatawan mancanegara.....
Jakarta (ANTARA) - Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) resmi melayani rute penerbangan langsung Jakarta - Doha (Qatar) pergi-pulang (pp) mulai Rabu, 03 April 2024, dengan penerbangan perdana berhasil mengangkut sedikitnya 272 penumpang.

Penerbangan langsung Jakarta - Doha pp dioperasikan melalui kerja sama codeshare bersama Qatar Airways, dengan memberikan pelayanan setiap hari menggunakan armada Boeing B777-300ER.

Direktur Utama GIAA Irfan Setiaputra di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa layanan rute penerbangan langsung Jakarta - Doha pp merupakan wujud representasi komitmen perseroan sebagai maskapai pembawa bendera bangsa untuk menghadirkan nilai tambah bagi masyarakat.

“Melalui kehadiran pilihan penerbangan yang beragam untuk menuju Timur Tengah, serta merupakan upaya perusahaan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya melalui akselerasi pergerakan wisatawan mancanegara,” ujar Irfan.

Baca juga: Garuda Indonesia targetkan tambah delapan pesawat di 2024

Ia menyebut, perluasan jaringan penerbangan rute internasional ini menjadi langkah ekspansif perseroan dalam memaksimalkan peluang pendapatan di tengah tingginya trafik mobilitas transportasi udara antara Doha dan Jakarta ataupun sebaliknya.

Dengan diresmikannya rute penerbangan ini, ia berharap akan memberikan pilihan yang beragam bagi para pengguna jasa, mengingat Doha merupakan salah satu hub transit wisatawan mancanegara dari Timur Tengah yang juga terhubung ke Eropa dan Amerika.

"Kami harap dengan pembukaan rute penerbangan langsung dari dan menuju Doha ini akan dapat mendukung upaya untuk mendatangkan wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke berbagai destinasi di Indonesia melalui ketersediaan penerbangan langsung menuju Jakarta,” ujar Irfan.

Rute penerbangan Jakarta - Doha pp akan dilayani setiap hari dengan menggunakan armada pesawat B777-300ER yang mampu mengangkut lebih dari 300 penumpang.

Penerbangan akan dilayani dengan nomor penerbangan GA900 yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 18.20 WIB dan tiba di Bandara Internasional Hamad Doha pada pukul 23.00 LT.

Penerbangan Doha - Jakarta akan dilayani dengan nomor penerbangan GA901 yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Hamad Doha pukul 02.25 LT dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Garuda Indonesia bukukan pertumbuhan usaha capai 2,94 miliar dolar AS

Irfan berharap kolaborasi antara Garuda Indonesia dan Qatar Airways akan memperkuat hubungan bilateral antara Qatar dan Indonesia yang telah berjalan baik selama lebih dari lima dekade sejak tahun 1976.

“Ke depan Garuda Indonesia akan terus mengembangkan kerja sama dengan berbagai airline partner dalam menghadirkan nilai tambah bagi masyarakat melalui kehadiran beragam pilihan rute penerbangan, khususnya rute penerbangan internasional yang diharapkan tidak hanya akan dapat berdampak positif terhadap peningkatan kinerja perusahaan, namun juga dapat turut mendukung pertumbuhan pariwisata nasional,” ujar Irfan.

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024