Tahun ini kita prioritasnya lansia. Pastikan seluruh persiapan matang. Kita upayakan seluruh jamaah merasa aman dan nyaman, ini jadi prioritas,
Manado (ANTARA) - Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) H Sarbin Sehe, di Manado, Senin, mengharapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mampu meningkatkan koordinasi dalam mendampingi calon jamaah haji (CJH) daerah tersebut yang akan melaksanakan ibadah haji pada 2023 ini.

"Sehingga sangat penting untuk memberikan arahan pada pelaksanaan rapat perdana Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Sulut 1444 Hijriah/2023 Masehi," katanya di Manado, Senin.

Kakanwil meminta seluruh panitia bekerja sama dan menjaga kekompakan serta terus melakukan koordinasi, terutama dengan petugas kesehatan agar melakukan pendampingan kesehatan kepada CJH.

Selain itu, katanya, berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya seperti Dinas Perhubungan dan pihak bandara agar proses pemberangkatan berjalan lancar.

Apalagi, kata dia, karena ibadah haji tahun 2023 ini memrioritaskan jamaah haji lansia sehingga ia meminta perhatian khusus dari panitia. "Tahun ini kita prioritasnya lansia. Pastikan seluruh persiapan matang. Kita upayakan seluruh jamaah merasa aman dan nyaman, ini jadi prioritas," katanya.

Pihaknya berupaya agar perjalanan jamaah haji tahun 2023 ini berjalan dengan aman dan bisa kembali lagi ke Tanah Air dengan sehat dan menjadi haji mabrur dan mabruroh.

"Kemenag akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Sulut, dan berupaya menjaga kerukunan semua umat beragama," demikian Sarbin Sehe.

Baca juga: Calon jamaah haji Sulut terima vaksin meningitis

Baca juga: Kemenag buka seleksi petugas haji daerah Sulut

Baca juga: Kemenag Sulut-KBIHU tingkatkan layanan ibadah haji

Baca juga: Manasik haji di Bolaang Mongondouw Utara digelar hingga kecamatan


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023