Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 393 calon haji (calhaj) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama mulai masuk asrama haji Embarkasi Aceh, untuk mempersiapkan keberangkatan ke Tanah Suci pada Rabu (24/5) besok, pagi.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Aceh Provinsi Aceh Azhari, di Banda Aceh, Selasa, mengatakan jamaah kloter pertama tersebut berasal dari Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, dan Kabupaten Pidie Jaya.

“Hari ini kloter pertama sebanyak 393 jamaah beserta dengan petugas haji. Sejauh ini penerimaan jamaah di asrama haji berjalan dengan lancar,” kata Azhari.

Jamaah mulai berdatangan ke asrama haji Embarkasi Aceh sejak Selasa, pagi. Jamaah langsung mengikuti pemeriksaan kesehatan, pembagian kartu Baitul Asyi dan biaya hidup (living cost) serta pengurusan administrasi lainnya.

Untuk tahun ini, Aceh mendapat kuota haji sebanyak 4.378 orang, namun yang akan berangkat sebanyak 4.343 orang. Sementara sisa 34 orang kuota memilih tunda berangkat meski sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

Baca juga: Ratusan calon haji RI kloter pertama padati Embarkasi Jakarta

Keberangkatan 4.343 jamaah calon haji Aceh itu terbagi dalam 12 kloter, di antaranya 11 kloter terisi penuh jamaah asal Aceh, dan kloter ke-12 merupakan kloter campuran bersama jamaah dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Jamaah akan berangkat dalam 12 kloter. Di kloter ke-12 nanti jamaah kita hanya 97 orang, akan tergabung dengan jamaah dari Lombok,” kata Azhari.

Dijadwalkan, kloter pertama akan berangkat pada Rabu (24/5) besok pukul 07.45 WIB melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.

Tahun ini, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh memberangkatkan sebanyak 4.343 jamaah, di antaranya 1.729 orang laki-laki dan 2.614 orang perempuan, dengan jumlah jamaah lansia sebanyak 1.520 orang dengan usia antara 65-100 tahun.

Baca juga: Calon haji Embarkasi Solo kloter pertama tiba di asrama lebih awal
Baca juga: KJRI: Jamaah jangan bawa jimat, bisa kena pasal sihir di Saudi

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023