Hari ini kami begitu solid di belakang, dan di depan kami sangat agresif,"
London(ANTARA News) - Manchester City mencapai putaran kelima Piala FA pada Sabtu setelah gol telat Pablo Zabaleta membawa mereka menang 1-0 atas tuan rumah Stoke City.

Juara Inggris ini tidak pernah menang di markas Stoke dalam enam kunjungan terakhir mereka, namun mereka membuat awal yang menjanjikan dan melihat sepakan David Silva membentur tiang gawang pada menit kedelapan setelah mendapat peluang akibat lengahnya pertahanan tuan rumah.

Bek Stoke Ryan Shawcross sempat mencetak gol yang kemudian dianulir karena offside, sedangkan City mendapat masalah sebelum turun minum ketika kapten sekaligus bek tengah Vincent Kompany harus keluar lapangan karena cedera pergelangan kaki.

Kiper Stoke Thomas Sorensen melakukan penyelamatan yang berani saat ia merebut bola dari kaki Gareth Barry pada menit ke-64, sedangkan tandukan Peter Crouch menyambut umpan silang dari sektor kiri masih melambung di atas mistar gawang pada sepuluh menit terakhir pertandingan.

Pertandingan ini terlihat harus diulang sampai Zabaleta mengawali dan mengakhiri pergerakan bagus pada menit ke-85 untuk membawa pasukan Roberto Mancini lolos ke putaran kelima.

Pemain Argentina itu bertukar operan dengan rekan setimnya di dalam wilayah pertahanan City dan kemudian menyambut umpan silang mendatar yang dikirimkan pemain pengganti Sergio Aguero dengan sepakan yang bersarang di sudut bawah kanan gawang Stoke.

"Hari ini kami begitu solid di belakang, dan di depan kami sangat agresif," kata Zabaleta, yang juga membawa City menjuarai Piala FA 2011.

"Stoke mendorong tim ini dengan sangat kuat, dan kami tahu ini akan menyulitkan kami. Kami ingin kembali menjuarai Piala FA."

Tim strata kedua Brighton and Hove Albion, yang menaklukkan Newcastle United pada putaran ketiga, akan memburu "kulit kepala" dari tim Liga Utama lainnya pada Sabtu, ketika mereka menjamu Arsenal di Stadion Falner.

Manchester United baru bermain pada Sabtu malam, dengan menjamu sesama tim Liga Utama Fulham di Old Trafford.

Macclesfield Town dan Luton Town adalah tim strata kelima yang akan berupaya meniru keberhasilan tim strata keempat Bradford City, yang mengalahkan Aston Villa pada tengah pekan untuk mencapai final Piala Liga.

Kedua tim itu akan menghadapi lawan dari Liga Utama, di mana Macclesfield menjamu Wigan Athletic dan Luton mengunjungi markas Norwich City.

Putaran keempat dibuka dengan kejutan pada Jumat, ketika klub divisi satu Milwall menambahi kesedihan Villa dengan kemenangan 2-1 atas pasukan Paul Lambert di The Den, demikian AFP.

(H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013