Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Lestari Moerdijat mendorong realisasi target pendapatan dari sektor pariwisata dengan berbagai upaya, agar mampu memberi sumbangsih bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Ada perkiraan potensi pendapatan yang cukup besar di sektor pariwisata yang harus kita wujudkan bersama-sama dengan membangun sinergi dan kolaborasi yang kuat antar-pemangku kepentingan pada pariwisata nasional," kata Lestari dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, ujar dia, memperkirakan sektor pariwisata akan terus menguat pada tahun ini. Adapun pendapatan yang dihasilkan dari pariwisata nasional tahun 2023 ditargetkan mencapai sekitar Rp111,7 triliun.

Di sisi lain, terang Lestari, tahun ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 1,4 miliar pergerakan wisatawan dalam negeri dan kunjungan 8,5 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Baca juga: Sepanjang 2020, pariwisata kehilangan potensi pendapatan Rp60 triliun

Baca juga: Pariwisata diharapkan jadi sumber pendapatan terbesar setelah pajak


Menurut dia, perkiraan pendapatan tersebut harus mampu direalisasikan dengan berbagai upaya yang terukur. Hal itu dapat dilakukan melalui sejumlah program dan regulasi yang mampu mengakselerasi pencapaian target-target tersebut.

Selain memprediksi potensi pendapatan, menurut Lestari pemerintah juga harus memperhitungkan perkiraan kendala yang berpotensi muncul di sektor pariwisata nasional.

Dia mengatakan kesiapan infrastruktur di sejumlah kawasan wisata nasional yang tersebar di berbagai daerah, harus menjadi perhatian bersama untuk meningkatkan kepuasan para wisatawan.

"Bila para wisatawan itu puas ketika berwisata di berbagai daerah di Indonesia, tentunya akan membagikan pengalamannya kepada rekan dan orang-orang di sekitar tempat mereka tinggal. Sehingga akan terus ada kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi wisata yang kita miliki," ujar Lestari.

Lestari berharap, para pemangku kebijakan bisa mempersiapkan berbagai infrastruktur yang diperlukan untuk menopang kawasan wisata. Hal ini mengingat potensi besar di sektor pariwisata nasional.

Selain itu, dia juga mengingatkan agar para pemangku kebijakan di tingkat pusat dan daerah untuk ikut mempersiapkan masyarakat di sekitar destinasi wisata.

Dia mendorong masyarakat sekitar agar mampu menjadi tuan rumah yang baik dan dapat ikut menikmati nilai tambah dari tumbuhnya kawasan-kawasan wisata baru di Indonesia.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023