Beijing (ANTARA) - China pada Senin (22/5) mengumumkan akan menaikkan pembayaran pensiun dasar bagi para pensiunan pada 2023, yang menandai kenaikan tahunan ke-19 secara berturut-turut.  

Pembayaran bulanan rata-rata untuk pensiunan perusahaan, lembaga pemerintah, dan lembaga publik akan dinaikkan sebesar 3,8 persen dari tingkat pada 2022, menurut sebuah surat edaran yang diterbitkan bersama oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial bersama Kementerian Keuangan China.

Tahun lalu, China menaikkan pembayaran pensiun dasar bagi para pensiunan sebesar 4 persen dari level di tahun sebelumnya.

China menempatkan perawatan lansia sebagai salah satu prioritas utamanya untuk menghadapi populasi yang menua.

Data resmi menunjukkan bahwa pada akhir 2022, jumlah penduduk China yang berusia 60 tahun ke atas telah melampaui 280 juta jiwa, atau 19,8 persen dari total populasi negara tersebut.

Negara itu baru-baru ini merilis sekumpulan panduan untuk memfasilitasi pembangunan "sistem perawatan dasar bagi lansia" di tengah upaya mengejar strategi nasional yang proaktif terkait penuaan populasi dan memastikan akses yang adil terhadap layanan publik.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023