Madiun (ANTARA) - Wali Kota Madiun, Jawa Timur, Maidi melepas keberangkatan sebanyak 157 calon haji dari Asrama Haji Kota Madiun menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Selasa.

"Total ada 157 calon haji yang diberangkatkan hari ini menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Selanjutnya, terbang ke Madinah pada Rabu (24/5)," ujar Wali Kota Maidi di Madiun, Selasa.

Dalam kesempatan tersebut Maidi berpesan agar jamaah calon haji dapat mengikuti rangkaian ibadah secara optimal, mengingat momentum tersebut sudah ditunggu-tunggu selama puluhan tahun.

"Daftar tunggu haji lama. Daftar sekarang, berangkatnya masih 20-30 tahun yang akan datang. Oleh karena itu, yang sudah dapat kesempatan berangkat haji tahun ini agar digunakan sebaik-baiknya," kata dia.

Baca juga: Petugas Kemenag Kota Madiun siapkan koper milik jamaah calon haji

Wali Kota Maidi juga mengimbau jamaah agar senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan diri, sehingga dapat mengikuti rangkaian ibadah secara optimal. Selain itu, juga bisa kembali ke Tanah Air dan berkumpul lagi dengan keluarga dengan penuh suka cita.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Madiun Koirul Kamami mengatakan jamaah calon haji Kota Madiun masuk dalam kelompok terbang (kloter) 2 Embarkasi Surabaya.

"Di Asrama Haji Sukolilo, mereka akan bergabung dengan jamaah calon haji Kabupaten Bangkalan dan Surabaya," katanya.

Baca juga: Kemenag Jatim ingatkan jamaah calon haji patuhi batasan barang bawaan

Selain 157 jamaah yang berangkat hari ini, ada 23 calon haji dari Kota Madiun yang masuk sebagai cadangan. Sebanyak 23 calon haji cadangan tersebut diharapkan juga bisa berangkat tahun ini.

Ia berharap jamaah calon haji asal Kota Madiun khususnya dan Indonesia pada umumnya diberi kemudahan dan kekuatan oleh Allah SWT.

"Sehingga seluruh rangkaian ibadah di Tanah Suci baik rukun maupun sunah dapat ditunaikan dengan lancar dan kembali dengan selamat," katanya.

Suasana haru mengiringi pelepasan keberangkatan para calon haji di lokasi Asrama Haji Kota Madiun. Keluarga yang mengantar terlihat menangis bahagia karena tak kuasa membendung rasa syukur bisa berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

Baca juga: Embarkasi Surabaya siap berangkatkan 36.938 calon haji

Sementara itu, koper milik jamaah calon haji Kota Madiun telah lebih dulu dikirim ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya setelah dilakukan pengecekan oleh petugas Kemenag setempat pada Senin (22/5).
 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023