Jakarta (ANTARA) - Gelandang Newcastle United Sean Longstaff antusias menjalani debut bersama klubnya pada Liga Champions musim depan, setelah membantu timnya mengamankan posisi empat besar Liga Inggris musim 2022/2023.

"Kami telah mengalahkan Juventus di sini 1-0 (UCL 2002/2003), Anda melihatnya di DVD lama. Untuk menjadi bagian dari ini, saya bersemangat. Ini akan menjadi istimewa,” kata Longstaff dilansir dari BBC Sport, Selasa.

Sejak mencatatkan debut bersama tim utama Newcastle pada musim 2018/2019, hingga kini Longstaff tercatat hanya berkutat bermain di kompetisi domestik Ratu Elizabeth tersebut.

Namun dengan kepastian kehadiran Newcastle di UCL, pemain bernomor punggung nomor 36 itu berkomitmen memberikan kemampuan terbaiknya untuk klub yang bermarkas di St James Park tersebut.

“Kami realistis mengetahui akan ada lebih banyak pertandingan dan itu tantangan. Setiap kali Anda mencapai sesuatu, Anda tidak hanya senang untuk berpartisipasi. Anda ingin sukses. Saya ingin sukses secara besar-besaran untuk klub sepak bola ini,” katanya.

Baca juga: Ditahan imbang Leicester, Newcastle dipastikan lolos ke Liga Champions

Kepastian Newcastle lolos ke Liga Champions musim depan itu didapat setelah klub berjuluk The Magpies tersebut bermain imbang 0-0 melawan Leicester City di kandang mereka, Selasa dini hari WIB.

Dalam laga itu, meski tak sanggup mencetak gol, Newcastle unggul segalanya atas Leicester dimana mereka mencatatkan 77 persen penguasaan bola, 13 tendangan meleset dari gawang, dan empat tendangan tepat sasaran.

Hasil imbang itu cukup membuat Newcastle menyegel satu tiket UCL untuk musim depan dan kembali berlaga di turnamen antarklub terakbar se-Eropa itu setelah 20 tahun, atau terakhir kali pada musim 2002/2003 di era Alan Shearer.

Pemain asal Inggris itu juga mengaku tak menyangka timnya dapat lolos ke Liga Champions setelah di musim sebelumnya sempat bergelut dengan zona degradasi sebelum kemudian dibawa Eddie Howe finish di posisi 11 klasemen akhir.

“Jika Anda memberi tahu kami dua tahun lalu ini akan terjadi, kami tidak akan mempercayai Anda," kata pemain berusia 25 tahun itu.

Selaras dengan Longstaff, sang pelatih Eddie Howe juga tidak menyangka tim yang ia tukangi tersebut dapat lolos ke Liga Champions musim depan.

"Saya pikir Anda selalu berharap, Anda selalu percaya dan Anda harus bermimpi. Tapi kami tidak merasa bahwa kami siap untuk itu,” ucap Howe.

Baca juga: Howe sebut Newcastle tidak mampu mendatangkan Ronaldo atau Neymar

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023