Kami melakukan latihan sekaligus menyamakan visi dan misi dalam rangka kesiapsiagaan dan tanggap bencana mengingat saat ini daerah kita sedang menghadapi cuaca ekstrem dan karhutla
Amuntai, Kalsel (ANTARA) - Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) se-Kalimantan Selatan menggelar latihan bersama guna meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat memasuki potensi musim kemarau ekstrem pada 2023.

"Kami melakukan latihan sekaligus menyamakan visi dan misi dalam rangka kesiapsiagaan dan tanggap bencana mengingat saat ini daerah kita sedang menghadapi cuaca ekstrem dan karhutla," kata Kepala BPK/Badan Organisasi Penyelamat Bencana Alam (Bomba) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Juniansyah dalam pernyataan yang diterima di Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Selasa

Kegiatan latihan bersama BPK se-Kalsel di Kota Amuntai, Kabupaten HSU, kata dia, juga dalam rangka memperingati HUT ke-43 Badan Organisasi Penyelamat Bencana Alam (Bomba).

Ratusan unit pemadam kebakaran (Damkar) se-Kalimantan Selatan dikerahkan untuk latihan bersama yang dipusatkan di kawasan Jalan Tembus Desa Pamintangan, Kecamatan Amuntai Utara.

Ruas jalan yang cukup lebar untuk menampung ratusan mobil BPK dengan hamparan lahan rawa yang luas untuk menerima semburan air saat latihan serta jauh dari pemukiman.

Kapolsek Amuntai Utara Ipda Rosyid Ari Prabowo membuka kegiatan pelatihan yang diikuti sebanyak 170 anggota PMK/BPK se-Kalimantan Selatan

Ia mengamanatkan seluruh relawan barisan pemadam kebakaran untuk bersiaga menghadapi kemungkinan karhutla pada musim kemarau ekstrem dengan kesiagaan personel, peralatan, pelatihan serta secara rutin.

Ketua BPK Bomba HSU Juniansyah menyatakan karhutla merupakan tanggung jawab bersama dari pemerintah, relawan, dan masyarakat.

Ia mengharapkan para relawan se-Kalsel menjaga kekompakan, ketangguhan, dan kewibawaan agar tidak terjadi konflik.

Pihaknya juga menekankan seluruh relawan menyosialisasikan dan melibatkan masyarakat guna mencegah karhutla.

"Bantuan pelaporan dari masyarakat juga diperlukan agar relawan Bomba se-Kalsel dapat mencegah meluas karhutla dan meminimalisir dampak," demikian Juniansyah.

Baca juga: BPBD Kalsel kerahkan seluruh sumber daya atasi karhutla

Baca juga: Kalimantan Selatan gelar apel siaga Karhutla

Baca juga: BPBD Hulu Sungai Utara tingkatkan patroli cegah karhutla

Baca juga: Gandeng BPBD, Indocement antisipasi bencana banjir-karhutla di Kalsel

Pewarta: Imam Hanafi/edi abdillah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023