Dalam dua hari terakhir ini tim berlatih di siang hari, untuk membiasakan diri bermain pada kondisi lapangan dan cuaca panas. Hari Minggu ini juga tetap berlatih,"
Bandung (ANTARA News) - Tim Maung Bandung Persib berlatih khusus untuk melawan suhu panas yang mungkin dihadapi para pemain pada saat bertandang ke Papua melawan Persiram Raja Ampat dan Persidafon Dafonsoro.

"Dalam dua hari terakhir ini tim berlatih di siang hari, untuk membiasakan diri bermain pada kondisi lapangan dan cuaca panas. Hari Minggu ini juga tetap berlatih," kata Pelatih Persib Jajang Nurjaman di Bandung, Minggu.

Berbeda dengan persiapan tim menghadapi laga-laga sebelumnya, Persib memilih jam latihan di Lapangan Pusdikpom Cimahi pada saat terik matahari. Pasalnya cuaca di Raja Ampat dan Dafonsoro cukup panas untuk ukuran suhu udara di Bandung dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Jajang menyebutkan suhu yang di atas rata-rata sangat berpengaruh kepada kebugaran pemain, sehingga harus dipersiapkan secara khusus melalui aklimatisasi.

"Kami berangkat ke Papua tepat dua hari menjelang pertandingan, namun kami melakukan aklimatisasi latihan di Bandung yang dilakukan pada siang hari," kata Jajang.

Dua hari berlatih di bawah terik matahari, menurut Jajang, tidak ada masalah dengan tim dan para pemain yang melahap setiap program latihan yang diberikan baik fisik maupun teknik dan strategi.

Meski di atas kertas lebih diunggulkan pada laga ketiga dan keempat di Papua, namun Jajang menyatakan tetap mengantisipasi kebangkitan kedua tim itu yang menelan kekalahan dalam serangkaian laga tandangnya.

"Mereka memang kurang beruntung di laga sebelumnya, namun justru harus diantisipasi kebangkitan mereka saat menjamu Persib," kata Jajang.

Meski memiliki catatan sejarah laga cukup bagus di kandang Persiram, namun Jajang tidak memandang sebelah mata kekuatan tim itu, terlebih berlaga di hadapan publiknya sendiri di Papua.

Terkait strategi yang akan diterapkan pada laga di Papua, menurut Jajang, pihaknya telah mempersiapkan strategi sekaligus memperbaiki penampilan sebelumnya di dua laga sebelumnya melawan Persipura dan Persiwa.

Dengan berbekal nilai empat hasil seri lawan Persipura dan 4-2 lawan Persiwa, Persib menargetkan poin maksimal pada tandang perdananya di Tanah Papua. Jajang menyebutkan telah membenahi beberapa sektor yang masih kendor pada dua laga sebelumnya.

(S033/I007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013