Meski telah meraih predikat terbaik ketiga, Polri tak akan berpuas diri.
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berkomitmen terus meningkatkan kualitas kinerja anggaran secara baik dan efisien setelah dua kali menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai lembaga dengan pagu anggaran terbesar.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa Polri meraih peringkat ketiga terbaik nilai kinerja anggaran pada tahun 2022.

"Polri mendapatkan penghargaan ini karena selalu melakukan evaluasi kinerja anggaran dengan kinerja anggaran berdasarkan komponen seperti aspek konteks, aspek manfaat, dan aspek implementasi," ujar Sandi.

Jenderal bintang dua itu menerangkan bahwa penghargaan peringkat ketiga lembaga dengan kinerja anggaran sudah dua kali diterima Polri. Prestasi ini dicapai karena Polri juga selalu melakukan evaluasi pelaksanaan anggaran (EPA) dengan mengevaluasi kinerja pelaksanaan kinerja satker melalui capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA).

Hal itu untuk menjamin pelaksanaan APBN secara efektif, efisien, dan taat pada peraturan pelaksanaan anggaran yang ada, serta tercapai kesesuaian antara perencanaan dan realisasi berdasarkan beberapa komponen seperti kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran.

Disebutkan pula bahwa Nilai Kinerja Anggaran (NKA) Polri pada tahun 2018 dan 2022 dengan rata-rata sebesar 90,64. NKA terendah 75,90 pada tahun anggaran 2018 dan NKA tertinggi sebesar 97,02 pada tahun anggaran 2022.

"Meski telah meraih predikat terbaik ketiga, Polri tak akan berpuas diri," kata Sandi.

Baca juga: MPR raih peringkat satu lembaga yang miliki kinerja anggaran terbaik
Baca juga: DPR jadi instansi dengan kinerja anggaran terbaik 2022


Ia menegaskan bahwa Polri terus berkomitmen memperbaikinya, bahkan Asrena Kapolri telah mengeluarkan surat perihal direktif langkah-langkah pelaksanaan kinerja anggaran Polri pada tahun 2023 untuk menjadi lebih baik lagi ke depan.

"Diharapkan, baik dari pengelolaan anggaran maupun pelaksanaan anggaran, dapat terlaksana dengan baik," ujar Sandi.

Dengan demikian, lanjut dia, kinerja anggaran akan meningkat dan tidak ada keterlambatan maupun kondisi force majeure yang menjadi hambatan untuk meningkatkan output yang sudah menjadi target.

Selain itu, dia  berharap dapat menciptakan outcome yang dicapai dan dapat dirasakan atau dinikmati bagi seluruhnya, khususnya personel Polri maupun masyarakat pada umumnya.

Polri meraih peringkat ketiga atas kinerja anggaran tahun 2022, peringkat pertama Kementerian Keuangan dan kedua Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkuham), disusul peringkat keempat Kejaksaan Agung, dan Mahkamah Agung.

Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara puncak Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2023 di Jakarta, Rabu (17/5).

Pemberian penghargaan sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada kementerian/lembaga untuk meningkatkan kualitas belanja melalui pengendalian belanja yang lebih efisien, produktif, dan fokus pada kegiatan untuk mendukung prioritas nasional.

Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono hadir menerima penghargaan tersebut mengatakan bahwa penghargaan tersebut sebagai bukti Polri telah melakukan pengelolaan anggaran dengan baik dan efisien.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023