Sydney (ANTARA) - Perdana Menteri Australia Anthony Albanese bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi di Sydney, Rabu untuk membicarakan keamanan kawasan dan hubungan ekonomi serta menandatangani perjanjian migrasi guna meningkatkan jumlah pelajar dan perjalanan bisnis dari India ke Australia.

Modi mengunjungi Australia untuk pertama kalinya sejak tahun 2014 dua bulan setelah Albanese melawat ke India.

India dan Australia adalah negara anggota Quad yang juga termasuk Jepang dan Amerika Serikat.

Modi melanjutkan kunjungannya ke Sydney setelah pertemuan pemimpin-pemimpin Quad di kota itu dibatalkan karena Presiden AS Joe Biden terpaksa kembali ke Washington setelah mengikuti KTT G7 di Jepang untuk perundingan plafon utang.

Pertemuan pemimpin Quad kemudian diadakan di sela-sela KTT G7.

“Pemimpin Quad berdiri bersama untuk kawasan Indo Pasifik yang terbuka, stabil, aman dan makmur … di mana semua negara besar dan kecil diuntungkan oleh keseimbangan kawasan yang menjaga perdamaian,” kata Albanese kepada wartawan setelah pertemuan bilateral dengan Modi.

Kedua pemimpin negara itu juga membicarakan perdagangan, migrasi, dan energi terbarukan. Kedua negara juga telah membentuk gugus tugas hidrogen untuk memperluas kerja sama di bidang energi bersih, katanya.
Baca juga: Australia dan India perkuat kerja sama ekonomi dan pertahanan

Australia berupaya mendiversifikasi pasar ekspornya, termasuk menjalin hubungan perdagangan yang lebih dekat dengan India.

India adalah mitra dagang terbesar keenam Australia dan sekitar 750.000 orang di Australia menyatakan sebagai keturunan India.

Modi mengatakan mereka telah membicarakan peningkatan kerja sama pertambangan dan mineral kritis dan mendorong perjanjian ekonomi yang komprehensif.

“Kami membicarakan tentang membawa kemitraan strategis Australia-India ke level yang lebih tinggi pada dekade berikutnya,” katanya kepada wartawan.

Perjanjian migrasi “akan memperkuat jembatan hidup kita” kata Modi, merujuk pada diaspora India di Australia yang merupakan kelompok diaspora terbesar kedua dan paling cepat tumbuh di negara itu.

Albanese sebelumnya di sebuah wawancara televisi mengatakan “ratusan ribu pelajar India bisa mengakses pendidikan di sini di Australia”, yang berdampak bagus untuk ekonomi Australia.

“Hubungan bilateral antara Australia dan India telah menyentuh level baru dan hubungan tingkat tinggi telah konstan dan meningkat sejak 2014,” kata Modi saat menyampaikan sambutan pembukaan pada pertemuan itu.

Sumber: Reuters

Baca juga: AS, Jepang, India, Australia bahas peningkatan kerja sama
Baca juga: China, India, AS, Australia tak teken ikrar stop pakai batubara

Penerjemah: Raka Adji
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023