Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (Unej) memberikan peluang kepada para pelajar yang menjadi atlet basket untuk kuliah di fakultas tersebut melalui seleksi jalur prestasi.

"Kami memberikan kesempatan bagi siswa SMA atau sederajat yang berprestasi di bidang olahraga basket bisa kuliah di FISIP," kata Wakil Dekan III FISIP Unej Dr Edy Wahyudi usai kegiatan Invitation Basketball FISIP Unej di Jember, Rabu.

Baca juga: Mahasiswa FISIP Unej bisa kuliah di tujuh FISIP PTN di Indonesia

Menurutnya, tidak hanya bidang olahraga basket, para pelajar yang menjadi atlet berprestasi cabang olahraga lainnya juga punya kesempatan yang sama untuk kuliah di FISIP Unej melalui seleksi jalur prestasi.

"Kegiatan Invitation Basketball FISIP menjadi ajang pencarian bibit atlet basket dari tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) hingga sekolah menengah atas (SMA)," tuturnya.

Ia berharap kegiatan positif tersebut bisa dilakukan setiap tahun dengan peserta yang lebih banyak, baik dari kabupaten hingga luar Kabupaten Jember, serta menjadi ajang untuk menjunjung sportivitas para atlet junior tersebut.

"Mereka adalah pemain masa depan. Ajang seperti itu memunculkan bibit-bibit unggul yang akan memajukan olahraga basket di Jember dan menjaring potensi pebasket usia dini dan muda," katanya.

Dalam kegiatan itu, juara tim putra tingkat SD, juara 1 SDN Kepatihan 6 Jember, juara 2 SDN Kepatihan 5 Jember, dan juara 3 SDN Kepatihan 1, sedangkan tim putri tingkat SD, juara 1 diraih SDN Kepatihan 1 Jember, juara 2 SDN Kepatihan 5 Jember, dan juara 3 SDN Kepatihan 6 Jember.

Baca juga: Ratusan mahasiswa FISIP Unej bisa ikuti mata kuliah di PTN lain

Baca juga: Pengamat: Anggaran COVID-19 Jember dikhawatirkan bermasalah


Untuk tim putra tingkat SMP juara 1 direbut SMPK Maria Fatima, juara 2 diraih SMPN 7 Jember, dan juara 3 diraih SMP 1 Jember, sedangkan tim putri juara 1 diraih SMP 7 Jember, juara 2 diraih SMP 2 Jember, dan juara 3 diraih SMP 9 Blitar.

Tingkat SMA untuk tim putra juara 1 diraih SMA 1 Jember, juara 2 SMA 2 Jember, dan juara 3 diraih SMA Probolinggo. Kemudian, tim putri juara 1 diraih SMA 1 Jember, juara 2 SMA 2 Jember, dan juara 3 diraih SMA Santo Paulus.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023