Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Grha Kedoya, Jakarta Barat menghadirkan alat terapi dengan teknologi robotik bernama LEXO dan DIEGO, alat kesehatan (alkes) asal Swedia yang hadir pertama kali di Indonesia untuk membantu pasien dalam melakukan rehabilitasi anggota gerak atas dan bawah pasien pasca stroke.

"Tahun ini RS Grha Kedoya sudah menyiapkan dua alat robotik terapi yang dinamakan LEXO dan DIEGO. LEXO itu adalah robotik membantu gerakan ekstremitas bawah atau kaki sedangkan DIEGO adalah robotik yang membantu pergerakan lengan," kata direktur Rumah Sakit Grha Kedoya, dr. Henry Adrean, MHS(HA), kepada wartawan pada acara Grand Launching Robotic Rehabilitation di RS Grha Kedoya, Jakarta Barat pada Rabu.

Baca juga: Mengenal teknologi lasik robotik JEC
 
Alat terapi robotik DIEGO yang tengah didemonstrasikan pada acara Grand Launching Robotic Rehabilitation di RS Grha Kedoya, Jakarta Barat pada Rabu (24/5). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)

Selain membantu proses rehabilitasi pasien stroke, alat ini juga akan memantau dan mengevaluasi kemajuan kondisi pasien dengan hasil yang lebih terukur sehingga memudahkan dokter dalam mengevaluasi kondisi tubuh pasien.

Di samping rehabilitasi penderita stroke, DIEGO juga dapat memberikan bantuan rehabilitasi bagi beberapa penyakit dan keluhan seperti cedera otak, cedera medula spinalis, sklerosis, parkinson, kelemahan otot yang disebabkan kurang bergerak, dan penyakit saraf motorik seperti amyotrophic lateral sclerosis.

Sedangkan LEXO dapat memulihkan enam keluhan tersebut ditambah kondisi pasca fraktur ekstremitas bawah, dan pasca rekonstruksi ligamen.

Baca juga: Teknologi kesehatan RI kenalkan perangkat deteksi kanker di Hannover

LEXO memiliki beberapa keunggulan di antaranya terdapat panduan Pelvis Plus yang dapat memperbaiki postur tubuh ketika berjalan, pengaturan jenis latihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien, latihan jalan yang bisa dilakukan secara aktif maupun pasif, dan layar interaktif yang dapat memberikan umpan balik kepada pasien.

Sementara keunggulan DIEGO antara lain dapat diakses oleh pasien pengguna kursi roda, terapi yang berbentuk game interaktif sehingga lebih menyenangkan, mendukung latihan gerakan simetris dan asimetris, dan evaluasi perkembangan rehabilitasi yang lebih terstruktur.

Selama proses rehabilitasi menggunakan alat LEXO dan DIEGO pasien akan didampingi serta dibimbing oleh terapis yang telah mendapatkan pelatihan dan sertifikasi penggunaan alat terapi robotik.

LEXO dan DIEGO menjadi fasilitas yang ada pada layanan terapi Advanced Medical Rehabilitation yang disediakan oleh RS Grha Kedoya. Layanan tersebut menjadi layanan unggulan terbaru rumah sakit tersebut di samping Stroke Center, Trauma Center, Cardiovascular Center, dan Bariatric Surgery.

Baca juga: UNS kembangkan robot asisten tenaga kesehatan

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023