Makassar (ANTARA) - Komandan Lantamal VI Makassar Brigjen TNI Amir Kasman mengatakan sudah 33 negara mengkonfirmasi kehadiran dalam pelaksanaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023.

"Sampai hari ini baru 33 negara sahabat yang sudah menginformasikan ke kami keikutsertaan MNEK 2023. Jumlah itu sudah cukup, tetapi kalau masih ada yang menginformasi sebelum pelaksanaan, lebih baik lagi," ujarnya di Makassar, Rabu.

Danlantamal VI Brigjen TNI Amir Kasman menjelaskan MNEK 2023 adalah latihan bersama para marinir angkatan laut dari berbagai negara. Menurut rencana sebanyak 48 negara akan ikut latihan ini.

MNEK merupakan kegiatan dalam bentuk latihan non-perang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional, untuk mendapatkan dasar bangunan kuat yaitu, kepercayaan masing-masing negara.

MNEK sendiri akan digelar selama empat hari yakni dari 5-8 Juni 2023 di Perairan Selat Makassar. MNEK juga merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap sekali dalam dua tahun.

"MNEK itu kegiatan latihan non-perang dan dilaksanakan sekali dalam dua tahun. Harusnya MNEK dilaksanakan di tahun 2020 tapi karena ada situasi global seperti pandemi COVID-19, sehingga pelaksanaan ditunda hingga situasi membaik seperti tahun ini," katanya.

Brigjen Amir Kasman mengatakan, peserta latihan non-perang itu masih memungkinkan bertambah dari perwakilan 33 negara yang menginformasi saat ini, apalagi undangan dikirim kepada Angkatan Laut di 48 negara.

Selain pelaksanaan latihan, dalam MNEK juga terdapat sejumlah kegiatan seperti pembangunan fasilitas umum atau engineering civic action programme (ENCAP), bakti kesehatan atau medical civic action programme (MEDCAP).

Kemudian parade kota, program budaya, pameran maritim, program kuliner, hingga pelaksanaan sailing pass dari kapal kapal seluruh negara yang ikut serta.

MNEK pertama pada 2014 lalu digelar di Batam, lalu yang kedua pada 2016 di Padang, dan ketiga di Lombok pada 2018 dan yang keempat tahun ini di Selat Makassar," ucapnya.

Baca juga: Kasal: Realisasi MEF Marinir 60 persen, beberapa ranpur diganti
Baca juga: Kasal: Usulan Dankormar diisi pati bintang tiga lolos uji naskah
Baca juga: Kasal: Marinir bisa beri wawasan bela negara di KBN

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023