Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan mobile broadband Nokia Siemen Networks telah mengembangkan jaringan berteknologi time division duplex long term evolution (TD-LTE) yang memungkinkan untuk siaran langsung TV broadcast.

NSN, yang merupakan perusahaan patungan Nokia dan Siemen itu, telah mengujicoba jaringannya tersebut untuk siaran langsung lomba maraton internasional Xiamen di China pada 5 Januari lalu.

Bahkan, siaran langsung yang ditayangkan China Central TV dan Xiamen TV, melalui jaringan operator lokal China Mobile tersebut mampu menampilkan gambar dalam definisi tinggi (HD), kata NSN dalam pernyataan di laman resminya, Senin (WIB).

TD-LTE NSN telah mendukung acara maraton Xiamen dengan tingkat error zero bit. Dengan meningkatnya traffic dan load conditions, NSN mengklaim tidak ada penurunan performa, dan tidak ada delay dalam tayangan langsung selama 2,5 jam mega event tersebut.

Markus Borchert, presiden Nokia Siemen Network Greater wilayah China, mengatakan bahwa ujicoba yang pertama di dunia itu akan menjadi titik penting bagi NSN sebagai pemimpin inovasi TD-LTE, globalisasi, dan komersialisasi.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013