Pekanbaru, (ANTARA) - Realisasi investasi di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada Triwulan I tahun 2023 mencapai Rp3,096 triliun dan hampir mendekati target nasional realisasi investasi yang ditetapkan sebesar Rp3,8 trilliun.

"Realisasi investasi kita pada TW I ini sudah mendekati target nasional yang ditetapkan tahun ini. Kita masih punya waktu hingga akhir tahun untuk mengejar target investasi Rp800 miliar lagi," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, Akmal Khairi, Rabu.

Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) masih mendominasi realisasi investasi pada awal tahun ini. Realisasi pemodal dalam negeri berkisar Rp2,9 triliun dan sisanya berkisar Rp136 miliar rupiah merupakan penanaman modal asing.

Akmal mengatakan bahwa PMDN mendominasi karena banyak bergerak di bidang jasa. Ia menilai geliat jasa terutama sektor kuliner dan bidang lainnya meningkat setelah pandemi COVID-19.

"Walau kecil-kecil, tapi jumlahnya banyak sehingga menyumbang banyak untuk investasi kita. Memang sektor jasa masih mendominasi," ulasnya

Akmal menjelaskan hasil capaian investasi ini baru keluar pada awal Mei 2023.Dirinya optimis tahun ini bisa mencapai target realisasi nasional karena saat ini sudah 81 persen.

"Pada Triwulan II tahun 2023 yakni rentang April, Mei dan Juni nanti Kota Pekanbaru sudah melampaui target realisasi investasi nasional. Apalagi investasi yang harus dicapai untuk target nasional hanya tinggal 19 persen lagi," ujarnya.

Sementara itu berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah untuk Kota Pekanbaru target realisasi investasi tahun 2023 yakni Rp4,7 triliun. Dengan realisasi Rp3, 096 triliun makan capaian yang ada saat ini sudah mencapai 61 persen.


Baca juga: Proyek investasi di Pekanbaru serap 2.899 tenaga kerja


Baca juga: Pekanbaru tawarkan investasi pembangunan pabrik sawit Rp28 triliun

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023