Sebuah jembatan di Dusun Salumati ambruk setelah dilewati truk...
Palu (ANTARA News) - Jalur utama Trans Sulawesi tepatnya di Desa Mayoa Kecamatan Pamona Selatan, Kabupaten Morowali di Sulawesi Tengah sudah dua hari terakhir putus total akibat jembatan ambruk.

"Sebuah jembatan di Dusun Salumati ambruk setelah dilewati truk angkut kayu profil 36 kubik pada Minggu (27/1)," kata Berdat (45) seorang sopir bus angkutan kota antarprovinsi (AKAP) jurusan Makassar-Palu-Manado di Terminal Tipo Palu, Selasa.

Ia mengatakan bus yang dikendarainya tujuan Palu-Manado harus kembali lagi lewat Jalur Trans Sulawesi Mamuju (Sulbar)-Pasangkayu Kabupaten Donggala (Sulteng). Mobil-mobil penumpang dan barang dari arah Toraja, Palopo dan Makassar dengan tujuan Kota Palu dan Manado (Sulut) terpaksa lewat jalur Trans Sulawesi Mamuju-Pasangkayu.

Menurut dia, jika harus menunggu sampai jembatan tersebut diperbaiki membutuhkan waktu cukup lama.

Hal senada juga disampaikan Ny Nurdin (56), seorang penumpang bus AKAP tujuan Toraja. Ibu rumah tangga itu mengatakan bus yang mereka tumpangi terpaksa kembali ke Palu dan selanjutnya meneruskan perjalanan menuju Toraja lewat jalur Trans Sulawesi Mamuju.

Khusus kendaraan roda dua, katanya, bisa lewat dengan cara diseberangkan oleh warga setempat dengan biaya berkisar Rp20 ribu sampai Rp50 ribu per kendaraan.

Jembatan tersebut ambruk bukan akibat diterjang banjir, tetapi karena dilewati sebuah mobil fuso yang bermuatan cukup berat.

Irwan, seorang warga Desa Mayoa membenarkan hingga kini jembatan yang ambruk belum diperbaiki. Untuk sementara kendaraan roda empat menggunakan jalur alternatif lewat Mamuju.

(BK03) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013