Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat akan membangun dua unit sekolah baru berkonsep ramah lingkungan di Kelurahan Kembangan Utara dan Kelurahan Grogol di wilayah II Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat pada Agustus 2023.

Kepala Seksi Pendidikan Dasar dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (Dikdas dan PKLK) Sudis Pendidikan Wilayah II Jakbar, M Wawu Almubasir mengatakan bahwa pembangunan dua sekolah tersebut dikarenakan belum adanya SMP Negeri di Kelurahan Kembangan Utara dan Kelurahan Grogol.

Ia menjelaskan, konsep go green atau ramah lingkungan yang dimaksud itu misalnya lingkungan hijau dan juga sumber listrik dari tenaga sinar matahari. Intinya, lanjut dia, pembangunannya ramah lingkungan.

"Lokasi pertama ada di SDN Kembangan Utara 04 dan lokasi kedua di SDN Grogol 05. Jadi nanti pembangunan SMP yang baru akan dibersamai dengan renovasi total dua unit SDN tersebut," jelas Wawu saat ditemui pers di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kamis.

Ia melanjutkan, awalnya SDN yang menjadi lokasi pembangunan akan digusur total, lalu kemudian dibangun lagi bersamaan dengan pembangunan SMP yang baru. Selama masa pembangunan, murid-murid SDN yang ada akan diungsikan ke SD terdekat hingga pembangunan selesai.

"Jadi di Kelurahan Kembangan Utara dan Kelurahan Grogol akan ada masing-masing satu SDN dan satu SMP baru. Kita sudah survei lokasinya dan cukup untuk pembungunan masing-masing dua sekolah. Luas masing-masing dari kedua lokasi pembangunan sekitar 7.000 m² lebih. Jadi cukup luas," jelas Wawu.

Lebih lanjut, Wawu mengatakan, sekarang pembangunan masih dalam tahap lelang. Dalam perkiraannya, pembangunan akan dimulai sekitar Agustus 2023 mendatang.

Ia menuturkan, anggaran pembangunan tersebut berasal dari ABPD Provinsi DKI. Namun ia belum merincikan dana pembangunannya.

"Harapannya tahun ajaran baru, semua sekolahnya sudah jadi," tutup Wawu.

Baca juga: Sudindik Jakbar imbau warga konsultasi PPDB ke sekolah terdekat

Baca juga: Andien Aisyah resmikan sekolah untuk warga kampung pemulung Jakbar

Baca juga: Pemkot Jakbar larang pungli berkedok sumbangan hari keagamaan

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023