Curah hujan yang terjadi pada Senin hingga Selasa pagi masih dianggap normal namun akibat hujan yang berlangsung secara merata hampir di seluruh wilayah Kota Samarinda, menyebabkan beberapa kawasan tergenang,"
Samarinda (ANTARA News) - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandara Temindung, Sutrisno, mengatakan banjir yang melanda sejumlah kawasan di Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa dinihari, disebabkan hujan merata di seluruh wilayah itu.

"Curah hujan yang terjadi pada Senin hingga Selasa pagi masih dianggap normal namun akibat hujan yang berlangsung secara merata hampir di seluruh wilayah Kota Samarinda, menyebabkan beberapa kawasan tergenang," ungkap Sutrisno.

Hujan yang menyebabkan banjir itu, lanjut Sutrisno, berlangsung mulai pukul 03.00 Wita hingga 07.00 Wita.

Pada Selasa dinihari hingga pagi yakni sekitar pukul 07.00 Wita curah hujan mencapai 96 milimeter.

Sementara, curah hujan di kawasan Sungai Siring atau di sekitar Bendungan Benanga curah hujan berkisar 81,5 milimeter.

"Curah hujan di bawah 100 mili meter masih dianggap normal namun karena intensitas hujan tinggi dan sifat hujannya lebat ditambah berlangsung secara merata sehingga mengakibatkan genangan air di sejumlah kawasan di Kota Samarinda," kata Sutrisno.

Selama satu pekan ke depan, kata dia, hujan masih berpotensi terjadi di wilayah Kota Samarinda.

"Kami tidak bisa memprediksi intensitasnya namun potensi terjadinya hujan hingga satu minggu ke depan masih tetap ada sebab puncak musim penghujan diperkirakan hingga Mei 2013," ungkap Sutrisno.

BMKG, lanjut dia, mengimbau warga agar tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir.

"Khususnya warga yang tinggal di daerah rawan tergenang agar tetap waspada. Apalagi, saat ini tengah berlangsung `bulan mati` atau awal purnama di mana terjadi pasang Sungai Mahakam dengan ketinggian diperkirakan hingga 2,2 meter," kata Sutrisno.

Dari pantauan hingga Selasa sore, sejumlah kawasan di Samarinda masih terlihat tergenang dengan ketinggian air rata-rata mencapai 40 hingga 50 cm.

Kawasan yang maish tergenang hingga Selasa sore terlihat di Jalan Gatoto Subroto dengan ketinggian air hingga 30 cm serta kawasan Jalan Wahid Hasyim dengan ketinggian hingga 40 cm.

Sementara di beberapa tempat di antaranya, Jalan dr. Sutomo, Jalan DI Panjaitan dan Jalan Kesejahteraan terlihat mulai surut pada Selasa pagi.

(A053/A041)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013