Jakarta (ANTARA) - Teknisi utusan PT Astra Honda Motor (AHM) meraih juara kompetisi internasional di ajang Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2023 di Bangkok, Thailand yang diselenggarakan pada 23-24 Mei 2023.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, disebutkan teknisi Honda Indonesia yang meraih juara tersebut adalah Masngudin (29 tahun) asal Bandung, Jawa Barat. Masnqudin menyabet juara kedua pada Kategori Motor Regular, mengalahkan peserta lain dari 10 negara Asia Oceania, antara lain Thailand, Bangladesh, Kamboja, Malaysia, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan, dan Pakistan.

Baca juga: AHM catatkan penjualan sebanyak 1,4 juta unit motor di Q1

Perwakilan main dealer Honda wilayah Jawa Barat itu merampungkan berbagai jenis uji teori dan praktik dengan score terbaik kedua yang membawanya naik podium bersama juara pertama Kunaporn Korsinprasert dari Thailand dan Wanchai Srinothai dari Thailand di peringkat ketiga.

"Pertama kali ikut kompetisi ini saya langsung main di kelas motor reguler. Cukup grogi melihat peserta dari negara lain. Namun dengan latihan intensif dan dukungan dari semua tim, akhirnya saya bisa naik podium. Kemenangan ini untuk Indonesia, khususnya konsumen setia Honda,” ujar Masngudin seusai pengumuman pemenang di Bangkok pada 24 Mei 2023 sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis tersebut.

Dengan kemenangan itu, Masngudin berkesempatan mewakili Asia & Ocenia di ajang kompetisi tingkat global, Honda Global Technician Contest 2023, di Jepang pada Oktober 2023.

Pada kompetisi keterampilan teknis sepeda motor di Asia Oceania itu, setiap peserta yang berlaga telah mengalahkan teknisi terbaik di negara masing-masing. Pengalaman dan keterampilan yang didapat pada kompetisi tersebut diharapkan dapat menguji keterampilan mereka dengan standar kompetensi teknikal Honda di tingkat global.

Baca juga: AHM kembali gelar festival vokasi uji ketrampilan teknis sepeda motor

Baca juga: Astra Honda perkuat program bangun kewirausahaan bengkel alumni SMK


General Manager Divisi Servis Teknik AHM, VH Kunsala Krishna mengatakan tujuan akhir dari kompetisi tersebut adalah meningkatkan layanan purna jual bagi pengguna sepeda motor Honda di setiap negara peserta kompetisi. Prestasi yang dicapai ini diharapkan menginspirasi sekitar 15.000 teknisi Honda untuk mengasah keterampilan demi kepuasan pelanggan.

“Sungguh ini suatu kebanggaan. Teknisi Honda binaan AHM mampu menorehkan prestasi di kancah internasional. Melalui kompetisi ini, ilmu dan pengalaman peserta akan menjadi bekal dalam meningkatkan kepuasan pelanggan sekembalinya mereka di Tanah Air," ujar Krishna.

Pada kompetisi teknisi tersebut dituntut mampu menyelesaikan ujian teori meliputi pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, dan teknologi terbaru sepeda motor Honda. Sedangkan pada uji praktik, teknisi ditantang menyelesaikan materi uji perawatan sepeda motor serta analisa teknis dan trouble shooting sepeda

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023