Biasanya kalau ekonomi berjalan itu akan dilihat dari jumlah pengunjung yang datang, di situ akan ada perputaran uang
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang berharap penyelenggaraan Malang 109 yang merupakan panggung kolaborasi tahunan untuk para pegiat seni di wilayah tersebut mampu mengungkit sektor pariwisata dan perekonomian setempat.

Wali Kota Malang Sutiaji di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat mengatakan bahwa Malang 109 yang dilaksanakan di kawasan Kayutangan Heritage pada 28 Mei 2023 tersebut diharapkan akan dihadiri oleh para wisatawan termasuk masyarakat di wilayah Malang Raya.

"Biasanya kalau ekonomi berjalan itu akan dilihat dari jumlah pengunjung yang datang, di situ akan ada perputaran uang," kata Sutiaji.

Sutiaji menjelaskan dengan adanya pelaksanaan Malang 109 yang merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan jati diri Kota Malang tersebut, bisa mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut yang bersumber dari sektor pariwisata.

Menurutnya, jumlah kunjungan wisatawan dalam pelaksanaan Malang 109 kali ini diharapkan bisa meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya karena Kota Malang juga menjadi tuan rumah Festival Olahraga Masyarakat Daerah (Forda) pada 27-30 Mei 2023.

Baca juga: Dewan K3 Jawa Timur harapkan ICC-OSH lahirkan inovasi

Baca juga: Sebanyak 90 aset barang sitaan WP penunggak pajak dilelang


"Perputaran uang akan besar, karena bertepatan dengan pelaksanaan Forda. Kontingen yang hadir kurang lebih 2.200 orang," katanya.

Dalam kesempatan itu, Humas Musik Malang Bersatu Indonesia (MMBI) Rokhmad Dyan menambahkan pada pelaksanaan Malang 108 tahun sebelumnya, ada kurang lebih sebanyak 20 ribu pengunjung pada acara tahunan tersebut.

Ia berharap pelaksanaan Malang 109 yang merupakan salah satu rangkaian hari jadi Kota Malang ke-109 tersebut, bisa dikunjungi wisatawan sebanyak 25 ribu orang, atau meningkat jika dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun lalu ada kurang lebih 20 ribu pengunjung di kawasan Kayutangan ini. Untuk tahun 2023, diharapkan bisa mencapai 25 ribu pengunjung," katanya.

Ia menambahkan Malang 109 akan diisi dengan penampilan dari berbagai komunitas seni yang ada di Kota Malang. Sejauh ini, ada kurang lebih tujuh komunitas kesenian Kota Malang yang akan berpartisipasi pada acara tersebut.

"Konsep tahun ini dengan panggung di tengah memanjang sepanjang 40 meter. Para musisi akan bermain di sana. Ada sebanyak tujuh komunitas yang bergabung dalam Malang 109," katanya.

Malang 109 tersebut, melibatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan menampilkan sejumlah komunitas seni seperti Voice of Malang, Kumpulan Bassist Malang, Kibordis Malang, Malang Dance Community, Malang Youth Orchestra dan komunitas tari tradisional.

Baca juga: Pemkab Malang berkomitmen kembangkan produksi pangan lokal

Baca juga: Pemkab Malang kembangkan potensi wisata Desa Kedungpedaringan


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023