Urumqi (ANTARA) - Penerbangan reguler antara Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang di China barat laut, dengan Kabul, Afghanistan, kembali dibuka pada Rabu (24/5), menurut otoritas setempat.

Rute tersebut akan beroperasi sebanyak satu kali dalam sepekan setiap hari Rabu, dan akan kembali ke Kabul pada hari yang sama.

Maskapai Ariana Afghan Airlines saat ini merupakan satu-satunya operator penerbangan penumpang langsung antara kedua negara itu.

Menurut otoritas kepabeanan Bandar Udara Internasional Diwopu di Urumqi, pengoperasian kembali rute penerbangan itu akan semakin meningkatkan konektivitas antara kota-kota di sepanjang Sabuk dan Jalur Sutra.

Selain itu, otoritas menilai pengoperasian tersebut mendorong kerja sama dan pertukaran antara Xinjiang dan Kabul di bidang ekonomi, perdagangan, budaya, dan bidang-bidang lainnya.

"Dengan dimulainya kembali penerbangan internasional, akan ada peningkatan jumlah penerbangan outbound dari Bandar Udara Internasional Diwopu Urumqi ke Asia Tengah dan Barat serta Eropa," ujar Direktur Stasiun Inspeksi perbatasan Keluar-Masuk Urumqi Fan Wenhua

Fan mengatakan pihaknya akan memastikan penanganan prosedur masuk dan keluar yang cepat, meminimalkan waktu pengurusan bea cukai penumpang, dan memberikan pelayanan yang baik.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023