Bulu tangkis, tenis meja, dan hoki masuk
Jakarta (ANTARA News) - Cabang olahraga tenis dipastikan dicoret dari SEA Games yang akan digelar Desember 2013 di Myanmar, demikian hasil keputusan SEA Games Council Meeting yang berlangsung di Naypyidaw, 28-29 Januari.

"Keputusan meeting kemarin sudah final. Bulu tangkis, tenis meja, dan hoki masuk. Total semuanya ada 33 cabang olahraga," kata Sekjen Komite Olimpiade Indonesia Timbul Thomas Lubis saat dihubungi lewat telepon, Rabu.

Dalam sidang Excecutive Committee SEA Games Federation, hanya bulu tangkis dan tenis meja yang berhasil diperjuangkan untuk dipertandingkan pada SEA Games ke-27 itu.

Menurut Timbul, yang baru tiba dari Myanmar siang tadi, penambahan cabang olahraga sudah tidak bisa lagi dilakukan berdasarkan statuta SEA Games Federation karena cabang-cabang olahraga harus ditentukan setahun sebelum pelaksanaan SEA Games.

"Ini sebenarnya sudah terlambat. Kita tidak mungkin lagi minta ada penambahan," ujarnya.

Sebelumnya, cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2013 sudah ditetapkan Juli 2012 dengan total 31 cabang.

"Cabang olahraga kategori satu ada atletik dan akuatik. Cabang kategori dua ada 23 cabang, kategori tiga ada delapan. Jadi seluruhnya ada 33," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pembinaan dan Prestasi PELTI, Wailan Walalangi, mengaku belum mengetahui kabar terkait dicoretnya tenis dari daftar cabang olahraga SEA Games 2013.

"Kalau tenis dicoret pastinya sangat kecewa. Dulu tenis menyumbang empat medali emas saat SEA Games 2011," kata mantan atlet nasional itu saat dihubungi melalui telepon.

Wailan menilai sangat wajar Myanmar sebagai tuan rumah memilih cabang yang akan dipertandingkan. "Semangat berolahraga (seperti) di Olimpiade sudah tidak ada. Yang dikejar juara umum. Myanmar wajar saja seperti itu, tidak bisa disalahin juga," ujarnya.

(M047) 

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013