Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok, Sumatera Barat Zul Elfian Umar mempromosikan objek wisata Pulau Belibis ke investor asing pada West Sumatera Investment Forum 2023 untuk perkembangan destinasi wisata agar lebih maju di daerah itu.

"Promosi disampaikan di hadapan investor-investor berasal dari Singapura, Malaysia, dan Kepulauan Riau," kata Wali Kota Zul Elfian di Solok, Jumat.

Zul Elfian dalam presentasinya menyampaikan bahwa Kota Solok membuka peluang bagi investor yang akan berinvestasi dalam berbagai sektor.

“Pemerintah Kota Solok sangat terbuka dalam menerima investor , tidak hanya terkait Pulau Belibis, jika berkenan di sektor lainnya juga,” katanya.

Ia juga berterima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat dan Dinas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sumbar yang telah memfasilitasi kegiatan dengan para investor Singapura, Malaysia, dan Kepulauan Riau.

“Untuk itu, kepada investor Singapura, Malaysia dan Kepulauan Riau saya harap dapat berinvestasi di Kota Solok terkhusus di Pulau Belibis,” katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Kadin Provinsi Kepulauan Riau, Ketua Kadin Provinsi Sumbar, Bank Indonesia Perwakilan Riau dan Bank Indonesia Perwakilan Sumbar serta Investor-investor dari Singapura, Malaysia dan Kepri.

Sebelumnya seluruh kabupaten dan kota telah mempresentasikan keadaan daerahnya untuk dijadikan tempat-tempat investasi yang akan ditawarkan kepada para Investor, presentasi tersebut harus sesuai dengan IPRO (Investment Project Ready To Over) maka setelah melalui seleksi yang cukup panjang dan ketat maka terpilih empat daerah yang diusulkan untuk dijadikan tempat pilihan bagi investor.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengatakan saat ini kabupaten dan kota di Sumbar telah menggencarkan kemudahan-kemudahan berinvestasi di masing-masing daerah.

"Mari berinvestasi di Sumatera Barat dengan banyak peluang untuk berbisnis bagi investor,” ucapnya. 

Baca juga: Kementerian Investasi bantu studi kelayakan investasi di Sumbar
Baca juga: Kredit investasi perbankan di Sumbar tumbuh 5,2 persen triwulan I 2022
Baca juga: Investor Amerika Berminat Tanamkan Modal di Sumbar
Baca juga: Investor Amerika Berminat Tanamkan Modal di Sumbar

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023