doakan Kota Solok, Sumatera Barat, dan Indonesia
Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok Zul Elfian Umar melepas keberangkatan sebanyak 107 jamaah calon haji (JCH) asal kota itu gelombang II kloter 14 di Balairung 99 Rumah Dinas Wako menuju ke Tanah Suci di Arab Saudi pada musim haji 1444 Hijriah.

"Semoga para jamaah berangkat dengan hati gembira untuk beribadah dan bertamu ke rumah Allah SWT,” ucap Wako Solok Zul Elfian Umar di Solok, Rabu.

Ia juga berpesan kepada para JCH agar tetap menjaga kesehatan dan senantiasa bisa melaksanakan rukun Islam yang kelima, yakni naik haji dengan baik dari awal berangkat sampai balik lagi ke Kota Solok.

"Selamat kepada jamaah calon haji yang telah berkesempatan datang ke tempat yang diberkahi Allah SWT, yakni Tanah Suci," ujar dia.

Ia meminta kepada para peserta JCH yang akan berangkat setelah sampai di Tanah Suci nanti agar selalu mendoakan Kota Solok menjadi kota yang diberkahi oleh Allah SWT, penduduknya beriman, dan bertakwa.

"Sesampai di sana doa kita Insya Allah Mustajab. Doakan Kota Solok, Sumatera Barat, dan Indonesia. Kita akan memasuki tahun politik, jangan sampai kita terpecah belah akibat politik,” kata Wako.

Baca juga: Anggota DPR ingatkan jamaah calon haji Sumbar waspadai cuaca ekstrem
Baca juga: Seorang calon haji asal Sumbar batal berangkat akibat sakit ginjal


Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, Mustafa melaporkan jumlah jamaah calon haji Kota Solok sebanyak 107 Orang.

Ia menyebutkan dari total keseluruhan 107 jamaah yang berangkat tersebut, yang siap berangkat, yakni sebanyak 97 orang dan cadangan sebanyak 10 orang dan itu semua telah didaftarkan.

"Jumlah jamaah laki-laki sebanyak 41 orang dan perempuan sebanyak 66 orang. Usia tertua 83 tahun dan usia termuda 20 tahun," kata dia.

Ia menyampaikan JCH akan berangkat dengan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GIA 3314.

Masuk asrama tanggal 17 Juni 2023 jam 13.00 WIB dan berangkat ke Jedah Minggu tanggal 18 Juni dinihari pukul 03.20 WIB. Kepulangan sampai di Padang nanti tanggal 30 Juli 2023 pukul 08.15 WIB.

Persiapan sudah dilakukan manasik haji sebanyak dua kali di Kemenag dan delapan kali di tingkat kecamatan, selain itu juga manasik haji pribadi.

”Alhamdulillah saat ini jamaah sudah siap lahir batin untuk berangkat ke Baitullah,” ucap Mustafa.

Turut hadir saat pelepasan JCH asal Kota Solok tersebut Forkopimda Kota Solok, Kepala OPD Terkait lingkup Pemkot Solok serta para Jamaah Calon Haji. 

Baca juga: Lantunan azan Bupati Pasbar tandai keberangkatan calon haji ke Mekkah
Baca juga: Kemenag: 317 jamaah calon haji Pasaman Barat berangkat 6 Juni 2023Baca juga: Pernapasan terganggu, satu calon haji Sumbar dirujuk ke rumah sakit

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023