Mudah-mudahan, pada 2025 dan seterusnya kita bisa melaksanakan hal yang sama.
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melepas keberangkatan 7.000 peserta mudik bersama bertajuk Mudik Ceria 2024 dari sejumlah titik di Provinsi DKI Jakarta, seperti Kantor Kemnaker, Jakarta, selama periode 4–7 April 2024.
 
"Yang dilakukan di Kantor Kemnaker ini adalah salah satu di antara titik mudik yang kami lakukan. Ini sudah dilakukan di 9 titik dan Alhamdulillah, sampai hari ini, kita bisa memberangkatkan mudik bagi pekerja/buruh sebanyak 7.000," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam acara pelepasan pemudik Mudik Ceria 2024 di Kantor Kemnaker, Jakarta, Ahad.
 
Ia menyampaikan 7.000 orang tersebut terdiri atas 75 persen pekerja dan 25 persen keluarga pekerja. Kegiatan mudik bersama itu berhasil digelar berkat partisipasi sejumlah perusahaan yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), BUMN, dan BPJS Ketenagakerjaan, serta serikat pekerja ataupun buruh di Tanah Air.
 
Dalam kesempatan yang sama, Ida menyampaikan pula bahwa 7.000 pemudik itu diberangkatkan melalui 90 bis dan 15 gerbong kereta api dengan beragam provinsi tujuan, di antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Baca juga: Dinkes Kotim sediakan layanan kesehatan gratis selama Lebaran

Baca juga: Lemkapi apresiasi Polri hadirkan program mudik gratis
 
"Itu beberapa daerah yang memang banyak sekali pekerja di Jakarta ini berasal dari daerah-daerah yang saya sebutkan tadi," kata Ida.
 
Lebih lanjut, dia menyampaikan pula bahwa kegiatan mudik bersama itu memiliki sejumlah tujuan. Di antaranya, sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi perusahaan guna menciptakan ketenangan bagi pekerja dalam bekerja dan keberlanjutan usaha.
 
"Dengan demikian, diharapkan pula dapat tercipta hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan antara pengusaha dan pekerja," ucap Ida menambahkan.
 
Ia pun berharap para pemudik itu nantinya dapat kembali dengan selamat ke Jakarta. Kemudian, Ida juga berharap kegiatan mudik bersama itu dapat kembali digelar di Lebaran berikutnya.
 
"Mudah-mudahan, pada 2025 dan seterusnya kita bisa melaksanakan hal yang sama," ucap dia.*

Baca juga: Ombudsman pantau kesiapan mudik gratis sepeda motor naik kapal laut

Baca juga: Pusri berangkatkan ratusan orang mudik gratis bersama BUMN

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024