jajaran Direksi KSEI periode 2023- 2027 berkomitmen menyelesaikan program strategis, khususnya yang merupakan proyek tahun jamak
Jakarta (ANTARA) -
PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) memutuskan mengangkat Samsul Hidayat sebagai Direktur Utama perseroan periode 2023- 2027, sebagaimana keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Perseroan juga mengangkat Eqy Essiqy sebagai Direktur Penyelesaian, Kustodian dan Pengawasan; Dharma Setyadi sebagai Direktur Pengembangan Infrastruktur dan Manajemen Informasi; serta Imelda Sebayang sebagai Direktur Keuangan dan Administrasi.

Direktur Utama KSEI Samsul Hidayat menyampaikan jajaran Direksi KSEI periode 2023- 2027 berkomitmen untuk menyelesaikan program strategis, khususnya yang merupakan proyek tahun jamak.

Ia menjelaskan saat ini KSEI memiliki 26 program strategis yang direncanakan rampung secara bertahap, di antaranya berupa pendalaman dan perluasan layanan KSEI pada era digital dengan penguatan infrastruktur, inovasi dan pengawasan yang terintegrasi untuk mewujudkan KSEI sebagai information hub dan financial hub.

Direktur Utama Samsul Hidayat sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa PT Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012- 2015, serta Direktur Penilaian Perusahaan BEI periode 2015- 2018.

Baca juga: KSEI: Pertumbuhan jumlah investor harus dibarengi peningkatan literasi

Baca juga: KSEI: Jumlah investor pasar modal tembus 10 juta SID


Samsul juga memiliki pengalaman sejak tahun 1992 di Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), Departemen Keuangan Republik Indonesia (Depkeu RI).

Sementara itu, Direktur Penyelesaian, Kustodian dan Pengawasan Eqy Essiqy, sebelumnya berkarir di Divisi Pengawasan Transaksi BEI sejak tahun 1997, dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Divisi Kepatuhan Anggota Bursa sejak tahun 2018.

Adapun, Dharma Setyadi yang diangkat sebagai Direktur Pengembangan Infrastruktur dan Manajemen Informasi sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Penyelesaian Transaksi dan Administrasi Layanan KSEI.

Dharma telah berkecimpung sejak tahun 1995, ketika KSEI masih bernama PT Kliring Depositori EfekIndonesia (KDEI), dengan berbagai pengalaman pada Divisi Teknologi Informasi, Divisi Jasa Kustodian Sentral, Divisi Penyedia Infrastruktur Investasi.

Kemudian, Direktur Keuangan dan Administrasi Imelda Sebayang, sebelumnya berkecimpung di Citibank Indonesia sejak 2013, dengan jabatan terakhir sebagai Country Head of Securities Services (Custodian Bank).
 
Selain itu, Imelda juga pernah bekerja di ABN Amro Bank N.V dan Standard Chartered Bank. Imelda juga pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Bank Kustodian Indonesia (ABKI) dan Dewan Presidium Asosiasi Pengelola Reksadana Indonesia (APRD) pada tahun 2021.
 
Jajaran Direksi KSEI periode baru tersebut menggantikan Uriep Budhi Prasetyo yang sebelumnya menjabat Direktur Utama, dan Syafruddin dan Supranoto Prajogo yang sebelumnya menjabat Direktur, yang mana merekatelah habis masa jabatannya.
 
Adapun, rapat tersebut dihadiri oleh pemegang saham yang mewakili 5.82 jumlah saham yang memiliki hak suara, atau 97,98 persen dari total 5.940 jumlah saham yang memiliki hak suara tersebut.

Baca juga: KSEI: Jumlah investor reksa dana tembus 9 juta

Baca juga: HSBC sebut Indonesia jadi pasar IPO paling berkembang saat ini

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023