Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono bertolak dari Bandara Halim Perdana Kusuma untuk memulai lawatan empat negara Afrika dan Timur Tengah.

Presiden dan rombongan bertolak dengan pesawat kepresiden Rabu sore, sekitar pukul 17.00 WIB untuk melawat delapan hari ke Liberia, Nigeria, Mesir dan Arab Saudi dan tiba kembali di tanah air pada 7 Februari mendatang.

Sebelum bertolak, Presiden dalam konferensi pers menyampaikan, lawatan kali ini memiliki agenda untuk memperkuat kerjasma bilateral dan agenda multilateral.

Presiden akan memulai lawatan ke Monrovia, Liberia, dalam rangka pertemuan High Level Panel of Eminent Persons on Post-2015 Development Agenda.

Pertemuan ini merupakan yang ketiga setelah pertemuan terdahulu, masing-masing di New York, Amerika Serikat, tanggal 25 September 2012 lalu dan di London, Inggris, tanggal 1 November 2012.

Di samping itu, Presiden RI juga akan melangsungkan pertemuan bilateral dengan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf, disertai delegasi masing-masing, untuk membahas peningkatan kerja sama bilateral Indonesia-Liberia di berbagai bidang, utamanya perdagangan, investasi, serta kerja sama teknis.

Setelah itu, Presiden RI akan bertolak menuju Abuja, Nigeria, untuk melangsungkan kunjungan kenegaraan.

Di Abuja, Presiden RI dijadwalkan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Nigeria Goodluck Ebele Jonathan, didampingi oleh delegasi masing-masing.

"Kunjungan ini penting juga merupakan kunjungan balasan untuk meningkatkan hubungan kedua negara," kata Presiden.

Presiden menambahkan, Presiden Nigeria telah datang dua kali, pertama peringatan 50 tahun Konferensi Asia - Afrika dan saat menghadiri pertemuan G8 di Indonesia.

Selain itu, menurut Presiden, Nigeria juga memiliki potensi ekonomi yang penting di kawasan Afrika, untuk itu hal ini juga diharapkan akan mendorong kerjasma yang ebih baik di kedua negara.

Seusai kegiatan di Nigeria, Presiden RI akan melanjutkan rangkaian kunjungan kerja ke Jeddah, Arab Saudi. Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Presiden RI akan menghadiri dan menyampaikan sambutan pada forum temu bisnis antara para pelaku ekonomi Indonesia dan Arab Saudi.

Memanfaatkan keberadaan di Arab Saudi, Presiden RI dan Ibu Negara juga akan menyempatkan diri untuk melaksanakan ibadah umrah di Mekkah.

Bagian terakhir dari rangkaian kunjungan ialah kunjungan kerja ke Kairo, Mesir, dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam (KTT OKI) ke-12.

KTT OKI kali ini mengusung tema "The Muslim World: New Challenges and Expanding Opportunities". Adapun isu-isu yang akan dibahas dalam KTT tersebut meliputi upaya pengembangan kerja sama ekonomi, sosial-budaya, hingga ilmu pengetahuan dan teknologi di antara negara-negara anggota OKI.

(M041/E011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013