Beijing (ANTARA) - China dan Korea Selatan telah sepakat untuk memperkuat dialog dan kerja sama dalam rantai pasokan industri semikonduktor di tengah kekhawatiran global yang lebih luas atas pasokan cip, sanksi, dan keamanan nasional, kata Menteri Perdagangan China Wang Wentao.

Wang bertemu dengan Menteri Perdagangan Korea Selatan Ahn Duk-geun di sela-sela konferensi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di Detroit, yang berakhir pada Jumat (26/5).

Keduanya berbagi pandangan mengenai upaya mempertahankan stabilitas rantai pasokan industri dan memperkuat kerja sama bilateral, regional, dan multilateral, demikian menurut pernyataan Kementerian Perdagangan China pada Sabtu.

Wang juga menyampaikan bahwa China siap bekerja dengan Korea Selatan untuk memperdalam ikatan perdagangan dan kerja sama investasi.

Meski demikian, pernyataan yang dikeluarkan Korea Selatan mengenai pertemuan itu tidak menyebutkan cip, melainkan bahwa Ahn telah meminta China untuk menstabilkan pasokan bahan baku penting dan meminta terciptanya lingkungan bisnis yang dapat diprediksi untuk perusahaan Korea Selatan di China.

"Pihak Korea Selatan mengatakan bahwa komunikasi dibutuhkan antara pejabat tingkat kerja di semua industri," bukan hanya untuk semikonduktor, kata seorang sumber yang mengetahui  mengenai hal itu kepada Reuters.

Sumber tersebut menolak disebutkan namanya karena tidak memiliki wewenang untuk berbicara kepada media.

Korea Selatan sedang berada di bidikan pertikaian antara Amerika Serikat dan China mengenai semikonduktor.

Otoritas dunia maya China pada pekan lalu mengatakan bahwa perusahaan semikonduktor asal AS Micron telah gagal dalam peninjauan keamanan jaringan, dan juga akan melarang operator infrastruktur penting untuk membeli dari perusahaan tersebut.

AS telah mengimbau negara lain untuk membatasi akses China ke cip canggih, yang salah satu alasannya adalah terkait keamanan nasional.

Menurut data Kementerian Perdagangan, China adalah tujuan dari sekitar 40 persen ekspor cip Korea Selatan. Sedangkan, teknologi dan peralatan AS dibutuhkan oleh produsen cip asal Korea Selatan, yaitu Samsung Electronics dan SK Hynix.

Sumber: Reuters
Baca juga: Delegasi China rampungkan kunjungan ke Korsel untuk kerja sama dagang
Baca juga: Jerman, Jepang, Korsel batasi ekspor semikonduktor ke China

Penerjemah: Raka Adji
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023