Potensi wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara cukup banyak, di antaranya wisata pantai, wisata buatan, dan wisata alam.
Penajam (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya mengembangkan potensi wisata untuk menyambut rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) baru Indonesia, Nusantara.
 
Sebagai daerah asal ibu kota baru Indonesia, menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara Andi Israwati Latief, di Penajam, Sabtu, pemerintah kabupaten akan mengembangkan semua potensi wisata yang ada.
 
Potensi wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara cukup banyak, di antaranya wisata pantai, wisata buatan, dan wisata alam.
 
Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki sejumlah tempat wisata yang berpotensi untuk dijual, sebab daerah berjuluk Benuo Taka itu berdekatan dengan IKN Nusantara.
 
Hampir seluruh kecamatan memiliki objek wisata yang bisa diunggulkan serta menarik wisatawan, kata dia, dan semua tempat wisata yang ada memiliki keunikan yang berbeda-beda.
 
Setiap objek wisata di setiap kecamatan tersebut diurus dan dirawat pokdarwis (kelompok sadar wisata), sehingga dipastikan terurus dan terawat dengan baik.
 
Upaya pengembangan pariwisata harus terus dilakukan, kata dia, agar tempat wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara juga bertambah.
 
Tempat wisata yang ada, antara lain Pantai Tanjung Jumlai di Kecamatan Penajam, Gua Tapak Raja di Kecamatan Sepaku, dan objek wisata buatan Wahana Wisata Api-Api di Kecamatan Waru.
 
Kemudian ada objek wisata alam ekowisata hutan mangrove di Kecamatan Penajam, objek wisata sawah di Kecamatan Babulu,
 
"Kami terus kembangkan dan kenalkan tempat wisata yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara," ujar Andi Israwati Latief.
 
Objek wisata menjadi salah satu prioritas dalam rencana pengembangan dalam menyongsong pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta ke sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
Baca juga: Pemkab Penajam Paser Utara siapkan regulasi rumah wisata
Baca juga: Bendungan Sepaku Semoi di IKN Nusantara potensi menjadi objek wisata

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023