Frankfurt (ANTARA) - Jerman akan menarik lebih dari 100 pegawai pemerintahnya yang bekerja di Rusia setelah Moskow membatasi jumlah orang yang diizinkan bekerja pada misi diplomatik Jerman di negara itu, kata sumber dari Kementerian Luar Negeri Jerman, Sabtu.

"Pembatasan ini, yang ditetapkan oleh Rusia untuk awal Juni, menyebabkan pengurangan besar pada keberadaan kami di Rusia," kata sumber itu.

Sumber itu mengatakan mereka yang terdampak termasuk guru dan pekerja di sekolah dan Goethe-Institut dengan jumlah sedikitnya 100 orang.

Hubungan antara Rusia dan Jerman, yang pernah menjadi pembeli nomor satu minyak dan gas Rusia, telah rusak sejak Moskow melancarkan invasi besar-besaran terhadap Ukraina pada Februari 2022 dan Barat menanggapinya dengan sanksi dan pemasokan senjata.

Sumber itu menyebut pembatasan yang diumumkan pada April itu dilakukan sepihak, tidak dapat dibenarkan, dan tidak dapat dipahami. Ia menolak mengatakan pembatasan apa yang diterapkan Moskow itu.

Jumlah pekerja Jerman yang meninggalkan Rusia sebelumnya dilaporkan oleh media Jerman Sueddeutsche Zeitung. Kementerian Luar Negeri Rusia belum memberikan tanggapan ketika dimintai komentarnya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Peningkatan ekspor Jerman ke negara sekitar Rusia picu kekhawatiran
Baca juga: Rusia sebut akan usir diplomat Jerman usai tindakan "agresif" Berlin

Penerjemah: Raka Adji
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023