Kami minta kerja samanya harus ikut saling mendampingi dan menjaga, agar yang sudah sepuh dapat ibadah dengan khusuk. Dan yang masih kuat dapat membantu, diniatkan ibadah
Indramayu (ANTARA) - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi meminta jamaah calon haji yang akan berangkat dari Asrama Haji Indramayu, Jawa Barat, harus menjaga kesehatan selama di Tanah Suci, mengingat saat ini masuk musim panas.

"Musim haji tahun ini musim panas, suhu kisaran 40 derajat Celsius di Tanah Suci. Untuk itu jaga kesehatan, pola makan, dan istirahat," kata Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi di Indramayu, Minggu, saat memberi sambutan pelepasan jamaah calon haji.

Wamenag meminta jamaah calon haji agar ketika sudah berada di Tanah Suci menjaga kesehatan, mengingat ibadah haji merupakan ibadah fisik.

Selain menjaga kesehatan, lanjut dia, jamaah calon haji juga harus memperhatikan pola makan selama di Tanah Suci, agar bisa mengikuti semua proses ibadah haji dengan baik.

"Istirahat juga sangat diperlukan, jangan sampai di sana menghabiskan tenaga untuk kegiatan kurang bermanfaat, lebih baik digunakan dengan beribadah," ucap Wamenag.

Baca juga: Kemenag imbau jamaah lansia batasi aktivitas di luar ruangan

Wamenag juga meminta kepada jamaah calon haji untuk saling peduli antar sesama, mengingat saat ini banyak calon haji yang lanjut usia (lansia), sehingga perlu bantuan dari semuanya.

Ia menjelaskan banyak jamaah calon haji lansia tidak diiringi pendamping, bahkan dalam satu kelompok terbang yang berjumlah 300 orang hanya ada delapan petugas.

"Kami minta kerja samanya harus ikut saling mendampingi dan menjaga, agar yang sudah sepuh dapat ibadah dengan khusuk. Dan yang masih kuat dapat membantu, diniatkan ibadah," katanya.

Wamenag juga memberikan selamat kepada jamaah calon haji yang diberangkatkan dari Asrama Haji Indramayu, mengingat mereka merupakan orang yang pertama menggunakan fasilitas tersebut.

Baca juga: Jamaah diimbau tak paksakan shalat di Nabawi jika kondisi tidak fit
Baca juga: Sebanyak 768 mukimin dilibatkan dalam pelayanan jamaah haji 2023

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023