Jakarta (ANTARA) - Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) bersama pemuda United Malaysia National Organization (UMNO) membahas program kepemimpinan anak muda.

"Gagasan pertemuan ini bisa menghasilkan beberapa kolaborasi aksi. Partai Golkar dengan Golkar Institute memiliki salah satu program yakni politik kepemimpinan anak muda," kata Ketua Umum AMPG Ilham Permana usai bertemu rombongan pemuda UMNO di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskam kolaborasi itu dapat diimplementasikan dalam bentuk pertukaran siswa atau pemuda, antara AMPG dan pemuda UMNO.

UMNO atau Organisasi Kebangsaan Melayu Bersatu merupakan salah satu partai politik tertua di Malaysia. Menurut Ilham, Golkar dan UMNO merupakan saudara kandung dan memiliki sejarah panjang di negaranya masing-masing.

Selain aksi kolaborasi, dia berharap pertemuan itu bertujuan untuk meningkatkan dan mengukuhkan peran serta pemuda, dalam meningkatkan elektoral masing-masing partai.

"Pertemuan ini tidak hanya pertemuan silaturahmi biasa, tetapi menghasilkan sesuatu energi yang positif, bukan hanya bagi AMPG dan pergerakan pemuda, tetapi bagi Golkar dan Partai UMNO," katanya menegaskan.

Sementara itu, Ketua Umum Pemuda UMNO Akmal Saleh mengatakan pertemuan itu dengan keinginan agar hubungan dua negara berdasarkan diplomasi antar partai politik dan juga pemerintahan negara.

"10-15 tahun akan datang, kami para generasi muda yang akan memimpin negara," katanya.

Selain itu, kunjungan secara resmi itu untuk berkomunikasi berkoordinasi dengan pemimpin muda dari masing-masing partai politik di Indonesia, untuk melakukan pertemuan pimpinan partai muda se ASEAN.

Kata dia, pemuda UMNO Malaysia mengunjungi sejumlah partai politik di Indonesia diantaranya Golkar, Gerindra, Nasdem dan PDI Perjuangan.

"Kehadiran kami untuk mempererat hubungan yang telah lama terjalin, dan semoga terus terjaga di masa depan Indonesia dan Malaysa," harapnya.

Baca juga: Airlangga tak ragukan soliditas AMPG menangkan Golkar di 2024

Baca juga: Politisi milenial lintas parpol tolak sistem proporsional tertutup

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023