Jakarta (ANTARA News) - Produsen headset Plantronics meluncurkan headset bluetooth Voyage Legend yang mungil dan memiliki teknologi sensor cerdas berupa fitur perintah suara (voice command).

Direktur Penjualan dan Pemasaran Plantronics Inc Asia Tenggara Alvin Kiew meengatakan pertumbuhan ponsel pintar sangat tinggi di Asia Tenggara bahkan Indonesia.

Para pengguna gadget membutuhkan aksesoris tambahan untuk menunjang kinerja mereka.

Voyage Legend memiliki sensor cerdas yang dapat melakukan perintah suara seperti perintah ingin menyalakan MP3, perintah ingin mengetahui status baterai dan koneksi jaringan, dan perintah melakukan panggilan.

"Sensor itu akan aktif seketika, ketika anda pasang dan akan mati secara otomatis, ketika anda melepasnya," katanya ketika menggelar jumpa media di Jakarta pada Kamis (31/1).

Kiew melanjutkan ketika ada panggilan telepon masuk, headset akan langsung menyala secara otomatis tanpa harus diklik terlebih dahulu dan Voyage akan memberitahu identitas sang-penelpon.

"Ketika ada panggilan masuk, anda tinggal memerintahkan ke headset untuk melakukan 'answer' (jawab) atau 'ignore' (abaikan). Jika mengabaikan, maka headset akan mematikan nada panggilan secara otomatis," katanya.

Sayangnya, saat ini headset itu baru bisa melakukan perintah suara dalam bahasa Inggris. Plantronics menyatakan akan membuat peranti lunak yang bisa menjawab dengan bahasa lokal.

Keunikan lainnya, headset itu memiliki lapisan pelindung yang sangat tipis tapi kuat. Lapisan dari bahan yang biasa digunakan untuk pakaian tentara akan melindungi headset dari keringat dan air hujan sehingga lebih awet dan tahan lama.

Headset yang dijual Rp. 1.299.000 memiliki daya tahan selama tujuh jam dengan waktu lama pengisian daya (nge-charge) selama 90 menit.

Model itu memiliki berat 18 gram dan bisa berjalan pada ponsel Apple IPhone dan Android dengan garansi selama 1 tahun.

(adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013