Saya berpesan agar jamaah jaga kesehatan, jaga sopan santun selama di sana, dapat beribadah dengan lancar, dan dikabulkan doanya,
Magetan, Jatim (ANTARA) - Bupati Magetan, Provinsi Jawa Timur (Jatim) Suprawoto meminta agar jamaah calon haji asal kabupaten setempat menjaga kesehatan selama beribadah di Tanah Suci, Arab Saudi pada musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

"Saya berpesan agar jamaah jaga kesehatan, jaga sopan santun selama di sana, dapat beribadah dengan lancar, dan dikabulkan doanya," katanya saat melepas keberangkatan jamaah calon haji asal Magetan ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya dari depan Pendopo Surya Graha Magetan, Ahad.

Dalam kesempatan itu Bupati juga menekankan pentingnya perhatian ekstra untuk turut menjaga kesehatan terhadap jamaah lansia selama menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci.

Suprawoto mengimbau sebaiknya di tempat-tempat keramaian jamaah calon haji tetap menggunakan masker. Ia juga mendoakan agar jamaah calon haji diberi kemudahan dalam setiap proses menjalankan ibadah di Tanah Suci dan kembali ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Magetan Taufiqurahman mengatakan kuota jamaah calon haji asal Magetan yang berangkat pada musim haji tahun 2023 sebanyak 533 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 85 jamaah masuk kelompok terbang (kloter) 13, sebanyak 445 jamaah masuk kloter 14, dan tiga jamaah asal Magetan lainnya ikut kloter Blitar.

"Pada musim haji tahun 2023/1444 Hijriah ini, Magetan mendapatkan jatah sebanyak 533 kuota, dan alhamdulillah bisa berangkat semua," katanya.

Adapun kuota tersebut bertambah dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya hanya 400-an jamaah yang berangkat. Dengan meningkatnya kuota tersebut, tentu pelayanan juga harus ditingkatkan seperti pemodokan, katering, pelayanan kesehatan, transportasi, kenyamanan, dan lainya.

Hadir dalam kegiatan pelepasan keberangkatan jamaah calon haji tersebut, istri Bupati Magetan, anggota DPRD Magetan, Sekdakab Magetan, Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD terkait, Ketua MUI, NU, Muhamadiyah, LDII, MTA, dan para jamaah calon, serta pendamping haji Kabupaten Magetan.


Baca juga: Gubernur: Jemaah Jawa harus menjaga kesehatan

Baca juga: Sukinah, calon haji tertua asal Magetan berdoa agar selalu sehat

Baca juga: Calon haji Magetan yang bermasalah visa berangkat sebanyak 18 orang

Baca juga: Gubernur Jawa Timur meminta doa dari calon haji tertua Indonesia


 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023