Beijing (ANTARA) - Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China menyebutkan bahwa industri telekomunikasi negara itu mencatatkan pertumbuhan yang stabil dalam empat bulan pertama tahun 2023 yang didukung oleh bisnis-bisnis yang sedang berkembang.

Kementerian tersebut menjelaskan pendapatan bisnis gabungan dari perusahaan-perusahaan di sektor tersebut mencapai 569,9 miliar yuan (1 yuan = Rp2.115), meningkat 7,2 persen secara tahunan (yoy).

Dari total tersebut, sektor-sektor yang berkembang seperti pusat data Internet, komputasi awan, dan Internet of Things (IoT), mencatat kenaikan pendapatan sebesar 22,3 persen (yoy). Menurut kementerian tersebut, capaian tersebut mendorong kenaikan pendapatan bisnis telekomunikasi sebesar 4,3 poin persentase.

Data tersebut juga mengungkap penyebaran layanan 5G. China memiliki lebih dari 2,73 juta stasiun pemancar atau base transceiver station (BTS) 5G hingga akhir April 2023 dan memperoleh peningkatan bersih sebanyak 73,08 juta pengguna ponsel 5G dalam empat bulan pertama.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023