Mario mencatatkan sejarah sebagai pebalap Indonesia yang mencapai finis di urutan 12 saat menjalani seri di AS.
Surabaya (ANTARA) - Julukan "Super Mario" disematkan pada diri pemuda kelahiran Magetan, Jawa Timur, 16 Maret 2004, terlebih sejak diumumkan sebagai pebalap Tim Asia untuk seluruh seri balapan Moto3 pada tahun 2022.

Nama aslinya Mario Suryo Aji. Saat itu masih duduk di bangku kelas 12 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Magetan, atau tepatnya berusia 18 tahun, yang terbilang ideal untuk meniti sebuah karier hingga menggapai puncak.

Bakat Mario sebagai pebalap diasah sejak usia 7 tahun oleh mendiang ayahnya Hartoto, yang dikenal sebagai pengusaha dan juga mantan pebalap motocross tingkat nasional.

Ketika genap berusia 10 tahun, ia bergabung dengan sekolah balap, selain juga memperdalam keterampilan memacu sepeda motor di jalan beraspal dari sebuah sekolah balap di Yogyakarta.

Ketekunan berlatih dan kerja keras anak kedua dari empat bersaudara ini menuai banyak prestasi, tidak cuma di ajang balap motor tingkat nasional tapi juga kelas dunia, khususnya untuk kelompok umur.

Pada tahun 2018, atau menginjak usia 14 tahun, Mario telah bertarung di ajang balapan Asia Talent Cup dan Asia Road Race Championship.

Tahun berikutnya, 2019, mengawali debut balapan di FIM CEV International Championship. Setahun kemudian, 2021, Mario tercatat sebagai satu-satunya pebalap Indonesia yang berhasil menembus kompetisi balapan "Red Bull Rookies Cup".

Perkembangan prestasi Mario di gelanggang balapan rupanya mendapat perhatian Honda Team Asia, yang lantas meminangnya menjadi "joki" untuk menunggangi sepeda motor berkapasitas 250 cc di seluruh seri balapan Moto3 2022.

Sejak itu nama "Super Mario" semakin dikenal, khususnya bagi penggemar balap otomotif di Tanah Air. Sebab, tiket sebagai pebalap Moto3 yang telah dikantonginya merupakan bagian dari seri kejuaraan balapan dunia Grand Prix (GP), atau lebih dikenal sebagai kelas teringan dari seri balapan MotoGP.

Kelas tengah dari seri balapan GP adalah Moto2 dengan sepeda motor berkubikasi 750 cc.

Namun, jika Mario bisa menunjukkan peningkatan prestasi di seri Moto3, bukan tidak mungkin dilirik dan bahkan langsung direkrut sebagai pebalap oleh tim-tim di kasta tertinggi balapan motor berkapasitas 1.000 cc MotoGP.


Incar MotoGP

Bagi masyarakat Indonesia, tentu menjadi kebanggaan memiliki atlet kelas dunia. Karenanya sangat mendukung karier balapan "Super Mario" agar segera naik kelas menjadi pebalap "MotoGP".

Tidak main-main, dukungan datang dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hingga Wakil Presiden Ma'ruf Amien menjelang melakoni debut sebagai pebalap Moto3 2022.

Bahkan Mario melakukan pawai joy ride di Jakarta bersama Presiden Joko Widodo dan para pebalap dunia lainnya selang beberapa hari menjelang seri balapan Grand Prix 2022 digelar di Mandalika, Indonesia.

Ketika itu, sebagai tuan rumah, masyarakat Indonesia berharap Mario bisa menjuarai seri Moto3 di Mandalika sehingga bendera Merah Putih bisa berkibar di podium dan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya".

Setidaknya Super Mario telah memberi kebanggaan kepada masyarakat Indonesia dengan start atau mengawali balapan seri Mandalika kelas Moto3 di baris depan atau front row posisi 3. Meski akhirnya melorot di posisi 14 setibanya di garis finis.

Dari keseluruhan seri balapan Moto3 2022, Mario berhasil mencuri 5 poin dan bertengger di peringkat 26 klasemen akhir.

Untuk seri balapan Moto3 tahun 2023, Super Mario masih diandalkan oleh timnya sebagai pebalap utama.

Sementara tahun ini ia telah menyelesaikan lima seri balapan di Portugal, Argentina, Amerika Serikat, Spanyol, dan Prancis.

Tercatat Mario masih mengumpulkan poin 4 dengan menempati peringkat ke-23 dari total 29 peserta balapan dalam klasemen sementara Moto3 tahun 2023, setelah mencatatkan sejarah sebagai pebalap Indonesia yang mencapai finis di urutan 12 saat menjalani seri balapan di Amerika Serikat.

Masih tersisa 16 seri balapan Moto3 2023, yaitu di Italia, Jerman, Belanda, Inggris, Austria, Spanyol, San Marino, India, Jepang, Indonesia, Australia, Thailand, Malaysia, Qatar, dan Valencia.


Semangat dan dukungan

Super Mario yang kini berusia 19 tahun masih terus mendapat dukungan dari masyarakat Indonesia untuk menggapai podium di sisa seri balapan Moto3.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merupakan salah satu tokoh dan pejabat yang terlihat tidak pernah lelah mendukungnya.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) mengangkat bendera saat melepas pebalap Mario Suryo Aji (kanan) yang akan menjalani seri balapan Moto3 di Mugello, Italia pada 9-11 Juni 2023, setelah menobatkannya sebagai Duta Pramuka Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/5/2023). ANTARA/Moch Asim

Mantan Menteri Sosial itu telah berkali-kali memberikan dukungan dengan menemui secara langsung Mario di berbagai tempat. Termasuk beberapa kali mengundangnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, serta mengantarkan Mario ke Istana Wakil Presiden untuk meminta restu Wapres Ma'ruf Amin sebelum menjalani debut balapan Moto3 2022.

Selain itu, Gubernur Khofifah juga nonton secara langsung untuk memberikan dukungan saat seri Grand Prix berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 2022.

Pada 25 Mei 2023, Khofifah kembali mengundang Super Mario ke Gedung Negara Grahadi Surabaya untuk memberi dukungan.

Kali ini perjuangan Mario agar meraih gelar di sisa seri Moto3 2023 didukung dengan dinobatkan sebagai Duta Pramuka Jawa Timur. Pengukuhan dilakukan secara simbolis dengan memakaikan hasduk dan baret pramuka kepada Mario.

Gubernur Khofifah, yang juga menjabat Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jawa Timur, optimistis, nilai-nilai yang terkandung dalam pramuka dapat memberikan penguatan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam diri Mario.

Selanjutnya kepramukaan dan kepanduan diharapkan menjadi bagian dari kekuatan melekat saat Mario berada di sirkuit negara mana pun seluruh dunia.

Khofifah memekikkan semangat "Kami bersama Mario", yang setelah dinobatkan sebagai Duta Pramuka, diharapkan dapat memaksimalkan peran-peran untuk memberikan perspektif kemanusiaan dan kedamaian demi membangun kekerabatan dan persaudaraan antarbangsa.

Bagi Khofifah, yang terpenting, di mana pun Mario berlaga, yang tertanam di dadanya adalah Merah Putih. Dengan begitu, ketika bertemu dengan tim atau gerakan P8ramuka dari berbagai negara, justru akan menumbuhkan energi, semangat dan kekuatan baru di dalam diri Mario.

Dalam kesempatan itu, Mario mengungkapkan suka citanya atas kepercayaan yang diberikan sebagai Duta Pramuka. Dia berharap dapat membawa manfaat bukan hanya bagi dirinya sebagai pebalap Moto3, namun juga untuk gerakan Pramuka.

Mario memohon doa dan dukungan agar bisa membawa pramuka Indonesia ke penjuru dunia. Dengan menyandang sebagai Duta Pramuka, diharapkan dapat memotivasi untuk menghadapi rival terberat, yang menurutnya kerap datang dari dalam diri sendiri.

Dalam kesempatan lain saat memenuhi undangan Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Mario sempat meneteskan air mata karena mendiang ayahnya, yang menumbuhkan jiwa pebalap sejak kecil, tidak sempat menyaksikan perjuangannya di arena balap Moto3.

Sang ayah meninggal dunia pada tahun 2021 akibat serangan jantung. Namun Risworini, ibu Mario, selalu meyakinkan bahwa restu doa dan dukungannya selalu mengiringi perjuangannya di setiap sirkuit balapan yang penuh liku.

Pada usianya yang menginjak remaja, Mario masih memiliki banyak waktu untuk menaklukkan jalan mulus beraspal yang dipenuhi lika liku dan tikungan tajam di tiap sirkuit balapan demi menggapai podium.

Sebagaimana juga dicita-citakan seluruh pendukungnya di Tanah Air, perjuangan Mario itu bangsa Indonesia di mata dunia.




Editor: Achmad Zaenal M



 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2023