Shanghai (ANTARA) - SHANGHAI, 28 Mei (Xinhua) -- C919, pesawat penumpang berukuran besar yang dikembangkan secara mandiri oleh China, menyelesaikan penerbangan komersial pertamanya dari Shanghai ke Beijing pada Minggu (28/5), menandai resmi masuknya pesawat tersebut ke pasar penerbangan sipil.

Dioperasikan oleh maskapai China Eastern Airlines, penerbangan berkode MU9191 itu lepas landas pada pukul 10.32 waktu setempat dari Bandar Udara Internasional Hongqiao Shanghai dengan membawa 128 penumpang.

Pesawat itu disambut dengan penghormatan water salute usai mendarat di Bandar Udara Internasional Ibu Kota Beijing pada Minggu pukul 12.31 waktu setempat.

C919 adalah pesawat jet penumpang berukuran besar pertama yang dikembangkan secara mandiri oleh China sesuai dengan standar kelaikan udara internasional dan memiliki hak kekayaan intelektual independen.

Proyek C919 diluncurkan pada 2007. Dikembangkan oleh Commercial Aircraft Corporation of China, Ltd. (COMAC), pesawat C919 pertama diluncurkan dari lini produksi di Shanghai pada November 2015.

Pada 2017, pesawat tersebut menyelesaikan penerbangan perdananya.

"Penerbangan komersial pertama ini seperti upacara kelulusan untuk pesawat baru ini, dan C919 akan menjadi semakin baik lagi jika mampu bertahan melewati ujian pasar," kata Zhang Xiaoguang, Direktur Departemen Pemasaran dan Penjualan COMAC. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023