Palangka Raya (ANTARA) -
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memfasilitasi pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Handycraft Gallery.

"Walaupun galeri ini tidak terlalu besar, namun ini merupakan upaya kami dalam membantu pemasaran pelaku UMKM," kata Ketua Dekranasda Kota Palangka Raya, Avina Fairid Naparin di Palangka Raya, Senin.

Dia menambahkan, Handicraft Gallery merupakan bentuk dukungan Dekranasda terhadap Pemerintah "Kota Cantik" dalam upaya mendongkrak perekonomian pelaku UMKM guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Galeri di jalan G Obos ini menampilkan produk unggulan para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) mulai dari kerajinan, olahan makanan, dan pakaian," katanya.

Pihaknya berharap, pelaku industri dan UMKM di Kota Palangka Raya terus meningkatkan dan menciptakan produk unggulan yang mampu bersaing di pasar lokal, nasional, bahkan internasional.

"Tentunya produk yang dihasilkan haruslah memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri, terutama dalam rangka mengangkat nilai dan budaya daerah. Kami juga berharap produk yang dihasilkan berkualitas, berkuantitas, dan berkontinuitas," katanya.

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengapresiasi Dekranasda setempat yang telah membangun suatu galeri guna membantu mendorong peningkatan ekonomi pelaku UMKM.

"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dekranasda Kota Palangka Raya atas peransertanya mendukung pemerintah kota dalam membangun dan memajukan perekonomian masyarakat," kata Umi.

Wakil wali kota perempuan di Ibu Kota Provinsi Kalteng ini pun berharap, galeri tersebut bisa menjadi salah satu pusat pengembangan ekonomi produktif dan pemberdayaan masyarakat di kota setempat.

"Kami juga berharap galeri ini mampu meningkatkan daya saing produk unggulan lokal dalam percaturan ekonomi global. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bersama untuk terus membina, mengembangkan, serta mencerdaskan para pelaku IKM dan UMKM," katanya.

Melalui berbagai program kerja dinas terkait serta kerja sama dengan berbagai pihak, Pemkot Palangka Raya juga terus mendorong semangat kewirausahaan mandiri.

Baca juga: Dekranasda Kalteng dorong kaum muda miliki semangat kewirausahaan
Baca juga: Kalteng promosikan produk unggulan daerah dalam pameran nasional
Baca juga: Begini upaya Dekranasda Kalteng berkembang batik, di samping anyaman

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023