Kendari (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi memberikan bantuan pengembangan usaha pengolahan limbah daun nanas oleh kelompok tani di Desa Wakumoro, Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Bantuan pengembangan usaha pengolahan limbah daun nanas adalah salah satu bentuk implementasi PLN dalam aspek Environmental, Social & Governance (ESG). Kami harap bantuan ini dioptimalkan sehingga masyarakat dapat mengembangkan potensi nilai ekonomi dari limbah daun nanas yang bisa dijadikan bahan baku tekstil untuk dibuat menjadi bahan kerajinan," kata General Manager PLN UIP Sulawesi, Defiar Anis di Muna, Senin. 

Bantuan itu melalui program PLN Peduli berkolaborasi dengan lembaga Gerbang Insan Mandiri, diberikan secara simbolis diterima Kepala Desa Wakumoro disaksikan oleh sejumlah perwakilan kelompok tani nanas di desa tersebut.

Defiar Anis melalui Manager Perizinan, dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi, M Syuukur  menyampaikan dukungannya terhadap keberhasilan pelaksanaan program PLN Peduli yang berlokasi di Kabupaten Muna.

Kepala Desa Wakumoro, La Ode Golkar menyampaikan terima kasihnya kepada PLN yang senantiasa mendukung peran serta UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah itu.

"Kabupaten Muna merupakan salah satu daerah penghasil nanas terbesar di Sultra, maka dari itu dengan adanya bantuan ini, kami harap kelompok tani di Desa kami bisa mengolah limbah daun nanas menjadi produk yang bisa dimanfaatkan," ujarnya.

Penyerahan bantuan yang dirangkaikan dengan sosialisasi bertajuk Inovasi Produk Turunan Berbasis Alam Melalui Komoditas Daun Nanas turut dihadiri perwakilan kelompok Petani Nanas yang berada di Desa Wakumoro.
Diketahui di desa ini terdapat tujuh Kelompok Tani Nanas dengan total anggota sebanyak 151 orang dengan lahan garapan seluas total 171,5 hektare

Perwakilan Kelompok Tani Nanas, La Gunu menjelaskan selama ini masyarakat tidak memanfaatkan limbah daun nanas karena tidak memiliki peralatan dan pengetahuan yang memadai.
Perkebunan Nanas di desa Wakumoro Kecamatan Parigi Kabupaten Muna, Sultra. (ANTARA/HO-PLN Peduli)


"Mewakili kelompok tani Desa Wakumoro, kami sangat mengapresiasi langkah PLN dalam memberikan bantuan untuk pengolahan limbah daun nanas. Selama ini masyarakat / kelompok tani hanya memanfaatkan dan mengandalkan orientasi dari buah nanas, dan sungguh luar biasa apabila limbah daun nanas bisa dimanfaatkan menjadi serat untuk bahan kain. Harapannya program dari PLN ini dapat berkelanjutan karena masyarakat sangat antusias dengan adanya program ini," tuturnya.

Baca juga: PLN UIP Sulawesi dorong capaian TKDN untuk infrastruktur KEK Likupang
Baca juga: PLN bantu lestarikan ekosistem kawasan cagar alam di Sulut
Baca juga: Geliat PLN UIP Sulawesi capai bauran EBT tertinggi



 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023