"Perasaannya senang sekali, ini sudah lama menjadi impian kami warga disini. Alhamdulillah dengan adanya kegiatan TMMD, kami tidak lagi lewat jalan yang sulit apa lagi kalau sudah hujan rintangan dalam perjalanan semakin berat karena licin,"
Tarakan (ANTARA) - Personel Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 116 Kodim 0907/Tarakan sudah merampungkan pembukaan jalan di RT 4 Kelurahan Pantai Amal, Tarakan Timur.

"Alhamdulillah, kegiatan utama TMMD ke 116 tahun 2023 Kodim 0907/Tarakan yakni pembukaan badan jalan saat ini telah selesai 100 persen yang dilaksanakan oleh tim Satgas TMMD," kata Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Inf Reza Fajar Lesmana selaku Komandan Satgas ke 116 di Tarakan, Kalimantan Utara, Senin.

Meskipun pembukaan badan jalan saat ini telah rampung 100 persen, namun ada beberapa kegiatan pendukung lainnya belum 100 persen selesai yang saat ini masih terus berlangsung dilakukan pengerjaannya.

"Ada beberapa item yang belum selesai dan masih terus dilakukan pengerjaan, diantaranya pembangunan selokan masih 80 persen, enam unit RTLH (Rumah Tidak Layak Huni, red) yang pengerjaannya masih dalam capaian 50 sampai 70 Persen," kata Reza.

Dia menambahkan untuk sisa waktu yang ada semua kekuatan dikerahkan untuk memaksimalkan capaian dengan harapan sebelum ditutup pada 8 Juni 2023 semuanya sudah bisa dinikmati masyarakat sekitar.

Berhasilnya Satgas TMMD ke 116 dalam menyelesaikan pekerjaan akses jalan yang menjadi sasaran utama TMMD di wilayah RT 4 Kelurahan Pantai Amal.

Hal itu mendapatkan apresiasi dari warga setempat. Dengan antusias warga berbondong-bondong mengunjungi lokasi, untuk melihat sekaligus menikmati langsung jalan yang dibangun oleh Satgas TMMD ke 116 Kodim 0907/Tarakan.

Salah satunya adalah Madina warga RT 4, Kelurahan Pantai Amal, dia bersama anak dan warga lainnya datang langsung melihat kondisi jalan yang tadinya belum ada sekarang sudah tersedia.

"Perasaannya senang sekali, ini sudah lama menjadi impian kami warga disini. Alhamdulillah dengan adanya kegiatan TMMD, kami tidak lagi lewat jalan yang sulit apa lagi kalau sudah hujan rintangan dalam perjalanan semakin berat karena licin," kata Madina.

Madina mengungkapkan bahwa masyarakat Kelurahan Pantai Amal sangat bersyukur sekali dan mengucapkan terimakasih kepada TNI.

Dengan adanya jalan ini, maka masyarakat akan semakin efisien dalam hal waktu tempuh. Pasalnya, dapat memperpendek jarak tempuh sekitar sampai lima kilometer.

Dahulu, akses jalan belum tersentuh oleh pembangunan. warga harus menempuh jarak yang jauh untuk sampai ke jalan raya, ditambah lagi saat hujan. Anak-anak mereka yang hendak ke sekolah terpaksa harus berjibaku di tengah lumpur.

Kini, kisah itu akan menjadi kenangan, warga tidak perlu lagi bersusah payah melewati jalan tersebut untuk melakukan aktifitas, berkat kerja keras Satgas TMMD.

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023