Jakarta (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta kembali memuncaki klasemen IBL 2023 setelah menghajar Elang Pacific Caesar Surabaya dengan selisih 33 poin, atau skor akhir 97-64 dalam laga lanjutan IBL 2023 Seri 6 yang digelar di GOR Amongrogo Yogyakarta, Senin.

Sebelumnya posisi pemuncak klasemen sempat direbut oleh Prawira Harum Bandung, namun Satria Muda menunjukkan kelasnya dengan kemenangan sembilan kali beruntun yang membuatnya mengemas 41 poin dari 20 menang dan hanya 1 kalah (20-1).

Satria Muda mempertahankan tren positif mereka dengan menghabisi hampir semua lawannya di IBL 2023. Kali ini korbannya adalah elang Pacific Caesar Surabaya yang sudah dua kali dikalahkan selama musim IBL 2023.

Tim asuhan Youbel Sondakh tersebut menang mutlak dengan unggul seluruhnya dalam statistik, dan juga menguasai jalannya pertandingan sejak kuarter pertama.

Semua pemain dalam roster Satria Muda diturunkan dalam gim ini dan seluruhnya mencetak poin. Termasuk rookie Matthew Samsi yang memasukkan tembakan tiga angka di 49 detik sebelum laga usai.

Baca juga: Satria Muda sapu bersih kemenangan IBL seri 5 meski kekurangan pemain

Top skor Satria Muda kali ini adalah Richard Jackson dengan menyumbang 18 poin. Selanjutnya M Sandy Ibrahim Azis, dan Widyanta Putra Teja masing-masing berkontribusi 11 poin. Sementara Avan Seputra menambahkan melalui 10 poin.

"Saya senang berada di tim ini," kata Richard Jackson yang merupakan pemain asing teranyar Satria Muda, mengutip dari laman resmi IBL.

"Sekarang saya mencoba untuk mendapatkan bentuk permainan saya, kembali mendapatkan sentuhan saya. Berharap bisa membantu tim ini kembali memenangkan gelar juara," katanya lagi.

Dari kubu Pacific, Morakinyo Williams memimpin rekan-rekannya dengan dwiganda melalui 23 poin dan 10 rebound. M Aulaz Ariezky menambahkan 20 poin, sedangkan Chris Barnes menyumbang 10 poin.

Elang Pacific Caesar Surabaya adalah tim juru kunci di peringkat 16 dengan hanya menang dua kali dari 22 pertandingan yang sudah dijalani.

Sedangkan Satria Muda bak monster dengan menyapu bersih hampir seluruh pertandingan dengan kemenangan. Satria Muda sudah menang 2-0 dari enam tim kontestan IBL Tokopedia 2023 yaitu Elang Pacific Caesar Surabaya, RANS PIK Basketball, Mountain Gold Timika, Bali United Basketball Club, Evos Thunder Bogor, dan Tangerang Hawks Basketball Club.

Satu-satunya tim yang baru sekali mengalahkan Satria Muda adalah Dewa United Banten dengan skor 88-74 pada Februari lalu.

Baca juga: Tangerang Hawks jaga jarak dengan Mountain Gold, menang 86-72
Baca juga: Satya Wacana gagal di Yogyakarta, kalah 64-89 dari Pelita Jaya

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023