... semua pihak telah menanam 104.363.989 pohon."
Samboja (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi dan masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) dalam periode 2011 - 2012 melalui Gerakan Kaltim Hijau telah menanam 67,5 juta pohon, kata Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak.

"Sejumlah 67,5 juta pohon yang ditanam itu bukan hanya dilakukan unsur pemerintahan di lingkungan Kaltim, namun juga di kabupaten dan kota, perusahaan, TNI, Polri, LSM, masyarakat, pelajar, dan berbagai unsur lain," ujarnya saat membuka Penanaman Mangrove di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Sabtu.

Penanaman mangrove di kawasan Delta Mahakam di Desa Teluk Pemedas, Samboja, tersebut merupakan salah satu dari berbagai kegiatan yang dilakukan Pemprov Kaltim dengan kerja sama PT Total E&P Indonesie, sementara beberapa kegiatan lain serupa telah sering dilakukan.

Dalam penanaman mangrove di Delta Mahakam tersebut, PT Total E&P Indonesie menyediakan bibit mangrove sebanyak 10.000 batang. Sementara pihak yang melakukan penanaman antara lain gubernur dan instansi vertikal serta instansi di lingkungan Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutai Kartanegara.

Selain itu, sejumlah anggota TNI, Polri, masyarakat, guru, dan puluh pelajar juga tampak sibuk membantu menyiapkan bibit, bahkan mereka juga turut berpartisipasi melakukan penanaman meskipun lahan yang ditanam berlumpur.

Menurut dia, total pohon yang ditanam sejak 2011 hingga 2012 dengan jumlah 67,5 juta pohon itu merupakan tindakan nyata dari program One Mane Five Trees (satu orang menanam lima pohon).

Jika dikalkulasikan dengan jumlah penduduk Kaltim di tahun itu, dikemukakannya, maka pohon yang akan ditanam hanya sebanyak 17,5 juta pohon, tetapi karena proses penanamannya dilakukan beberapa kali dalam satu tahun.

Bahkan, dikatakannya, satu lembaga bisa menanam beberapa kali, sehingga jumlah total pohon yang tertanam mencapai 67,5 juta.

Selain itu, Awang menyatakan, kegiatan penghijauan itu sekaligus untuk realisasi pada program OBIT (One Billion Indonesian Trees) atau program Penanaman Satu Miliar pohon yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pemprov Kaltim juga mencatat, mulai 31 Januari hingga Desember 2012 di wilayah itu semua pihak telah menanam 104.363.989 pohon.

Realisasi penanaman pohon tersebut bukan hanya dilaksanakan Pemprov Kaltim, tetapi berkat partisipasi gerakan penghijauan yang dilakukan TNI/Polri, lembaga swadaya masyarakat (LSM), pelajar dan mahasiswa, organisasi kemasyarakatan, dan sejumlah perusahaan.

Rinciannya adalah dari sektor kehutanan penanamannya mencapai 23.036.592 pohon, meliputi kegiatan penanaman di Tahura Bukit Soeharto, penanaman di areal hutan tanaman industri (HTI), dan di Taman Nasional Kutai (TNK) Kabupaten Kutai Timur.

Dari sektor non-kehutanan, jumlah pohon yang ditanam sebanyak 44.508.085 pohon berjenis karet dan buah-buahan. Pohon-pohon tersebut tersebar di sepanjang jalan Balikpapan-Samarinda-Bontang, termasuk di kawasan TNK dan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Soeharto. (*)

Pewarta: M. Ghofar
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013