Kulon Progo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas pendaftaran 550 bakal calon legislatif dari 17 partai politik peserta Pemilu 2024 di wilayah tersebut.

Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kulon Progo Tri Mulatsih di Kulon Progo, Selasa, mengatakan dalam verifikasi administrasi berkas bakal calon anggota legislatif ini melibatkan seluruh anggota dan staf KPU Kulon Progo.

"Pelaksanaan verifikasi administrasi ini dijadwalkan dari 30 Mei sampai 23 Juni 2023," kata Tri Mulatsih.

Ia mengatakan adapun poin-poin yang dilakukan verifikasi administrasi, yakni semua dokumen bakal calon anggota legislatif yang diunggah dalam aplikasi sistem informasi pencalonan (Silon) diantaranya, Kartu Tanda Penduduk, surat pernyataan, fotocopy ijazah, surat sehat (jasmani, rohani dan narkoba), bukti terdaftar sebagai pemilih, dan kartu tanda anggota dan surat dari pengadilan.

"Sejauh ini, kami sudah melakukan proses verifikasi administrasi terhadap dokumen-dokumen yang bisa diberi status benar dan tidak benar langsung kami eksekusi hari ini," katanya.

Tri Mulatsih mengatakan pada saat KPU memutuskan dokumen ini benar atau salah tingkah dieksekusi.

Namun untuk dokumen yang diragukan kebenarannya, maka setelah verifikasi administrasi selesai, KPU Kulon Progo akan melakukan klarifikasi ke pihak yang mengeluarkan surat tersebut. Misalnya, ijazah. Ada surat keterangan ijazah hilang.

"Kami tidak bisa memutuskan apakah itu sah sebagai ijazah atau tidak, maka harus klarifikasi ke Balai Dikmen atau Kantor Kementerian Agama," katanya.

Terkait temuan, ia menyebut, ada beberapa dokumen yang salah unggah tempat. Misalnya surat sehat ada tiga lokasi seperti jasmani, rohani dan narkoba yang terbalik-balik.

"Hal ini terjadi kemungkinan karena parpol kelelahan ketika mengunggah dokumen," katanya.

Tahapan verifikasi administrasi di Kulon Progo masih berlangsung hingga 23 Juni 2023.

Kemudian, hasilnya akan disampaikan secara resmi ke parpol pada 24 - 25 Juni 2023.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023