Seiring dengan pembangunan `runway`, Pemkab Berau yang juga telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sisi darat, berupa terminal kedatangan dan keberangkatan, juga siap direalisasikan pada tahun 2013 ini,"
Tanjung Redeb (ANTARA News) - Pembangunan bandar udara di Kecamatan Maratua pada 2013 memasuki tahap pengerasan landasan pacu (runway) yang dibangun melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltim.

"Seiring dengan pembangunan `runway`, Pemkab Berau yang juga telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sisi darat, berupa terminal kedatangan dan keberangkatan, juga siap direalisasikan pada tahun 2013 ini," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Berau, Fahmi Rizani, Sabtu.

Anggaran untuk pembangunan sisi darat telah teralokasi di APBD murni 2013, dan saat ini Dishubkominfo melakukan berbagai persiapan untuk mulai mengerjakan sisi darat.

"Sehingga harapan selesainya sisi udara dan sisi darat dalam waktu bersamaan bisa terlaksana, anggaran sudah ada, sekitar 1 sampai Rp 2 miliar," ungkapnya.

Pembangunan sisi darat berupa terminal kedatangan dan keberangkatan tersebut, dikatakan Fahmi, juga masih harus dikoordinasikan kembali dengan jajaran Dinas Perhubungan Kalimantan Timur.

Karena proses perencanaan awal secara keseluruhan, baik sisi udara dan sisi darat telah dikerjakan pihak provinsi.

"Kami dalam waktu dekat ini akan segera berkoordinasi meminta desain sisi darat yang telah masuk perencanaan di provinsi. Sehingga nanti kita tinggal sesuaikan dengan desain yang ada," katanya.

Mengenai nominal anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan sisi darat, pihaknya juga belum mengetahui secara detail karena disesuaikan dengan desain yang ada.

Namun jika anggaran yang teralokasi saat ini tidak mencukup, akan kembali diusulkan di APBD perubahan atau pun APBD 2014 mendatang.

(KR-HDA/A041)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013