Kita bekerja sama dengan BPPT melaksanakan sistem pemanfaatan air hujan (SPAH) dan sistem pengolahan air hujan menjadi air siap minum, dan ini akan terus dikembangkan,"
Pandeglang (ANTARA News) - Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi menyatakan teknologi pengolahan air hujan akan bisa dijadikan air bersih layak minum perlu terus dikembangkan.

"Pengolahan air hujan itu perlu dilaksanakan melalui penggunaan teknologi, untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan air saat kemarau," katanya di Pandeglang, Sabtu.

Selama ini, kata dia, pemerintah Kabupaten Pandeglang bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), terah mengembangkan teknologi pemanfaatkan air hujan tersebut.

"Kita bekerja sama dengan BPPT melaksanakan sistem pemanfaatan air hujan (SPAH) dan sistem pengolahan air hujan menjadi air siap minum, dan ini akan terus dikembangkan," katanya.

Di Kabupaten Pandeglang, kata dia, masih banyak permukiman masyarakat yang rawan air bersih, dan ketika musim kemarau tiba warga mengalami kekurangan air bersih tersebut.

Selama ini, kata dia, program SPAH dan sistem pengelolaan air hujan menjadi air siap minum, sedang dikembangkan oleh Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Pandeglang bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"Saya mendukung kerja sama Distamben-BPPT itu, dan SPAH dan sistem pengolahan air hujan menjadi air siap minum memang dibutuhkan Pandeglang, guna mencukupi kebutuhan air minum bagi masyarakat," katanya.

Kepala Distamben Kabupaten Pandeglang Girgiantoro menjelaskan, kerja sama tersebut telah menghasilkan, dan beberapa waktu lalu BPPT menyerahkan sistem pemanfaatan air hujan (SPAH) dan sistem pengolahan air hujan menjadi air siap minum pada pemerintah Kabupaten Pandeglang.

"Kerja sama itu masih berlangsung dan hasilnya juga sudah ada. Pak Bupati sangat mendukung program ini, karena itulah akan terus dikembangkan," katanya.

Ia menjelaskan, kerja sama itu merupakan upaya dari pemerintah kabupaten untuk memanfaatkan semua potensi yang ada, termasuk air hujan. Pandeglang termasuk daerah dengan intensitas hujan cukup tinggi.

(S031/N005)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013